Kembali ke Article

Daging Merah versus Daging Putih, Sehat Mana?

22 Oct 2019 Tips n Trick
Daging Merah versus Daging Putih, Sehat Mana?
22 Oct/2019

Ini sepertinya perdebatan yang selalu muncul di tengah masyarakat yang sedang berusaha memiliki pola hidup yang lebih sehat. Diantara daging merah dan daging putih, manakah yang sebaiknya dikonsumsi? Manakah yang sebaiknya dikurangi bahkan ditinggalkan? Makanabis kali ini akan membahas keduanya. Langsung cus!

Daging Merah

Sesuai namanya, daging ini memiliki warna merah. Daging merah ini bisa didapatkan dari daging hewan ternak seperti kuda, sapi, babi, kerbau, kambing ataupun domba. Jika kamu lihat daging mentahnya, pasti berwarna merah gelap. Warna merah pada daging ini disebabkan karena mereka memiliki mioglobin yang cukup banyak.

Daging putih

Sedangkan daging yang berwarna putih, disebabkan karena memiliki kandungan mioglobin yang lebih rendah dibandingkan daging merah. Contoh dari daging putih ini seperti hewan unggas (bebek, kalkun, ayam), hewan amfibi (katak), atau seafood (ikan, udang). Meski enggak benar-benar berwarna putih, namun dagingnya berwarna pucat dan tidak merah. Sehingga perbedaan antara daging merah serta daging putih hanya terdapat pada perbedaan mioglobinnya. Akan tetapi, ini menimbulkan perdebatan baru lagi mengenai keduanya. Lebih sehat yang mana?

Sehat yang mana?

Seringkali terdapat perdebatan mengenai kesehatan mengonsumsi daging merah dan daging putih. Ada yang berkata jika daging putih akan lebih baik dikonsumsi dibandingkan daging merah, begitupun sebaliknya. Daging merah dirasa lebih sehat karena mampu memunculkan energi, sedangkan daging putih dirasa lebih sehat karena rendah lemak serta kandungan protein yang tinggi.

Yup, daging merah dianggap memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi, sehingga membahayakan bagi kesehatan. Sebenarnya nih, keduanya sama-sama sehat. Pasalnya, baik daging merah maupun daging putih merupakan sumber protein yang baik. Daging merah kaya akan protein, mineral zat besi serta seng, sedangkan daging putih memang rendah lemak serta kolesterol.

Keduanya memiliki kelebihannya sendiri, sehingga bisa dibilang jika kedua-duanya adalah bahan makanan yang sehat. Selama dikonsumsi dalam porsi dan jumlah yang sesuai, kedua daging tersebut akan membawa manfaat bagi kesehatan dan ke primaan tubuh kita.

Ternyata sama-sama berbahaya!

Baik daging merah maupun daging putih, memiliki risiko tersendiri. Daging merah yang kaya akan lemak, kaya protein, vitamin dan juga mineral, mampu membuat seseorang berisiko terkena penyakit seperti jantung koroner, stroke, bahkan kanker. Baru-baru ini sebuah penelitian juga dilakukan untuk menyelesaikan perdebatan ini, dan mendapati hasil bahwa mengonsumsi daging putih itu juga sama membahayakannya dengan mengonsumsi daging merah. Peneltian untuk melihat bagaimana kadar kolesterol partisipan ketika mengonsumsi kedua jenis daging tersebut ini, mendapati hasil jika kedua daging memiliki kadar lemak jenuhnya setara.

Keduanya akan menjadi sesuatu yang buruk untuk kesehatan, jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, mengonsumsi kedua jenis daging ini tanpa diimbangi oleh bahan makanan lainnya, juga dapat mengancam kesehatanmu. Jangan lupa untuk tetap memberikan bahan makanan sehat seperti buah dan juga sayur. Beberapa orang juga menyarankan untuk mengonsumsi daging merah maupun daging putih tanpa lemak.

Intinya, kedua jenis daging memiliki masing-masing kelebihan maupun kekurangannya. Kedua jenis daging tersebut memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kuncinya adalah, konsumsilah secara seimbang dan jangan berlebihan.

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

JELAJAH