Kembali ke Article

Dahsyatnya 5 Manfaat Habbatusauda

16 Sep 2020 Headline Khasiat
Dahsyatnya  5 Manfaat Habbatusauda
16 Sep/2020

Biji berwarna hitam ini memiliki nama latin nigella sativa alias habbatusauda. Sejak zaman dulu,   habbatusauda digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Habbatusauda atau jintan hitam ini memiliki kandungan nutrisi hebat  yang baik untuk kesehatan.

 

 

Makanabis mencatat nutrisi yang terkandung adalah karbohidrat, protein, lemak sehat termasuk asam oleat dan asam linoleat, kalsium, serat, zat besi, natrium, kalium, dan antioksidan. Dengan segala kelebihannya itu  jinten hitam atau habbatusauda berkhasiat untuk menuntaskan aneka penyakit. 

Bunga habbatusauda, foto : ist
Bunga habbatusauda, foto : ist

Menjaga Rambut dan Kulit

Sudah sejak lama habbatusauda dipakai dalam produk shampoo dan conditioner. Habbatusauda mengandung vitamin A, B dan C dan mineral seperti seng dan kalsium membuat manfaat habbatussauda dapat digunakan dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit. Selain itu habbatussauda juga dapat untuk mengatasi kerontokan akibat alopesia androgenik atau alopecia areata. Hal ini karena kandungan nigellone yang telah dibuktikan para ahli mampu bertindak sebagai antihistamin.  Sedangkan senyara asam lemak esensial  bermanfaat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan kulit sekaligus membantu melembabkan kulit. 

 

Mengatasi Alergi

 

Habbatus mampu mengatasi penyakit lain akibat peradangan, seperti sinusitis dan alergi, efeknya mengurangi peradangan. Penelitian klinis skala kecil selama 3 bulan pada penderita asma menunjukkan bahwa habbatussauda dapat mengurangi keparahan dan frekuensi serangan asma. Habbatussauda mampu mengatas irhinitis alergi. Penyakit ini terjadi karena radang pada hidung akibat reaksi alergi. Gejalanya dapat terlihat dari hidung tersumbat, berair, bersin-bersin hingga membengkaknya saluran hidung.

foto : middleworld
foto : middleworld

 

Melawan Kanker

Habbatusauda memilik zat antikarsiogenik, zat ini berfungsi untuk mencegah dan melawan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Senyawa antioksidan etanol pada habbatus dapat menghambat keganasan sel kanker. Selain itu, kandungan etanol yang ditemukan menghasilkan sekitar 80 persen efek perlindungan terhadap stresoksidatif dalam tubuh. Perlu diketahui, jika terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat membuat tubuh mengalami stres oksidatif, sehingga memicu berbagai macam penyakit kronis dan berbagai kerusakan sel dalam tubuh. 

 

 

Meringankan Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap. Kondisi ini banyak ditemukan pada orang-orang di atas 65 tahun.  Sebuah penelitian terhadap hewan membuktikan bahwa manfaat habbatussauda mampu mengurangi efek penyakit Alzheimer. Penelitian lain menunjukkan bahwa habbatussauda dapat mengembalikan ingatan dan meningkatkan fokus.

 

 

Meningkatkan Kognitif

 

Selajutnya manfaat habbatussauda adalah kemampuannya menghambat Acetylcholinesterase (AChE), enzim yang memecah Asetilkolin dalam tubuh. Asetilkolin  merupakan salah satu senyawa paling penting yang diproduksi dalam tubuh karena memiliki peranan bagi fungsi memori otak, mencegah penyakit otak dan kelainan saraf. Yang hasilnya adalah menigkatkan kemampuan kognitif, kemampuan kognitif sendiri seperti mengingat, pemecahan masalah dan pengetahuan.   

Article Lainnya


Bawang Putih Panggang, Khasiat Luar Biasa

Bawang Putih Panggang, Khasiat Luar Biasa

Salah satu alternatif untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari bawang putih adalah dengan memanggang...

Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau Goreng Praktis Ala Makanabis

Kwetiau merupakan salah satu makanan khas China yang sangat populer di Indonesia. Makanan yang terbu...

Kecap Manis, Hasil Kompromi  Budaya Jawa dan Tionghoa

Kecap Manis, Hasil Kompromi Budaya Jawa dan Tionghoa

Jika dihitung, pasti akan ada banyak sekali masakan Nusantara yang tidak bisa dipisahkan dari ...

Rebus, Goreng, Kukus, Panggang, Mana yang Terbaik?

Rebus, Goreng, Kukus, Panggang, Mana yang Terbaik?

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, salah satu hal mutlak yang harus dilakukan adalah menjaga pola m...

JELAJAH