Kembali ke Article

Dampak Covid-19, Momentum Revolusi Digital Pada Bisnis Restoran

27 Mar 2020 Inspirasi
Dampak Covid-19, Momentum Revolusi Digital Pada Bisnis Restoran foto:istw
27 Mar/2020

 

Wabah Covid-19 mengejutkan dunia di awal tahun 2020 ini. Penyebaran yang sangat cepat memberikan dampak sangat buruk terhadap perekonomian dunia secara global. Belum lagi peningkatkan kasus yang  terjangkit virus tersebut semakin hari yang semakin meningkat drastis menimbulkan ketakutan yang luar biasa baik baik pemerintah maupun masyarakat awam.

 

Jumlah pasien positif terinfeksi Covid-19 bertambah menjadi 893 orang pada Kamis (26/3). Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 78 orang, dengan jumlah yang sembuh 35 orang. Tindakan darurat ditempuh oleh pemerintah Indonesia mulai dari meliburkan sekolah, membatasi waktu kerja atau kerja dari rumah, menutup tempat-tempat berkumpul, menerapkan social distancing, dan lain-lain. Tentu saja hal ini sangat berdampak terhadap semua industri terutama pariwisata, perhotelan, tempat hiburan bahkan restoran.

foto:istw
foto:istw

 

Untuk bisnis restoran bukan hanya dikarenakan larangan untuk makan ditempat di sebagian kota, ketakutan terhadap potensi penyebaran virus tersebut melalui orang lain termasuk jasa pengiriman layanan pesan antar lewat daring, Walaupun segala upaya kebersihan dan kesehatan sudah diterapkan oleh perusahaan penyedia layanan.

 

Haruskah bisnis F&B menyerah? Langkah penting lain apa saja yang dapat dilakukan oleh pengusaha bisnis restoran? Langkah darurat untuk mengantisipasi lesunya bisnis di restoran diantaranya adalah :

foto:istw
foto:istw

 

Menerapkan SOP Pencegahan Virus Covid-19 secara ketat diantaranya adalah penggunaan masker untuk karyawan, pemeriksaan suhu badan untuk setiap karyawan dan pelanggan yang masuk, penyediaan hand sanitizer, penyemprotan disinfektan secara berkala, dan lain-lain.

 

Membuat paket catering. Pilihan ini adalah sebuah terobosan mengingat banyak masyarakat yang takut keluar rumah namun membutuhkan pasokan makanan  yang memadai. Dengan menyediakan jasa catering, resto masih dapat memaksimalkan bisnis dengan metode baru.

 

Menyediakan jasa antar sendiri disamping memanfaatkan jasa penyedia layanan pesan antar online. Langkah menyediakan layanan antar sendiri ini untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan mengenai higienitas, kesehatan dan keamanan dari layanan serta makanan yang di pesan.

 

Menggunakan solusi pre-order berbasis aplikasi yang memudahkan pelanggan melakukan pemesanan dan pembayaran sebelum datang mengambil atau diantar oleh jasa antar milik restoran.

 

Sosialisasi dan publikasikan melalui media-media online agar pelanggan segera mengetahui langkah-langkah yang telah dilakukan oleh resto termasuk memberikan info tentang layanan tambahan yang dimiliki.

foto:istw
foto:istw

Solusi yang tepat adalah Meeber, dengan  menawarkan fitur pre-order secara digital melalui aplikasi MeeberLite, MeeberPOS (untuk merchant) dan Meeberian (untuk pelanggan). Melalui solusi aplikasi Meeberian bukan hanya pelanggan dapat melakukan pemesanan secara cepat dan nyaman, juga dapat melakukan pembayaran cashless yang didukung oleh opsi alat pembayaran  yang lengkap dari kartu kredit, debit, LinkAja, DANA, Go-Pay dan lain-lain.

 

Sedangkan bagi merchant bukan hanya dapat menerima pesanan yang sudah terbayar dan mempersiapkan lebih awal, melalui aplikasi MeeberLite, merchant dapat memberikan notifikasi apabila pesanan sudah siap disajikan atau memberikan informasi terhadap program promosi yang dimiliki melalui aplikasi secara digital. Rudy Hartawan – CEO PT Meeber Teknologi Indonesia

 

Article Lainnya


Makan Pedas Sebabkan Usus Buntu?

Makan Pedas Sebabkan Usus Buntu?

Selama ini, sangat sering kita mendengar pernyataan bahwa makanan pedas adalah penyebab penyakit usu...

Bongkar Aksi Busuk Pedagang Ayam Tiren & Formalin

Bongkar Aksi Busuk Pedagang Ayam Tiren & Formalin

Konsumsi daging ayam saat ini sangat tinggi. Daging ayam adalah sumber protein yang terbilang terjan...

7 Daun Aromatik Untuk Masakan

7 Daun Aromatik Untuk Masakan

Dari sekian banyak bumbu dan rempah masakan, tidak dapat dilepaskan dari daun atau tetumbuhan yang d...

Ternyata Ini Manfaat Kunyah Makanan 33 Kali

Ternyata Ini Manfaat Kunyah Makanan 33 Kali

Judul diatas, dari dulu hingga sekarang tetap menimbulkan kontroversi. Banyak yang mendukungnya, tap...

JELAJAH