Kembali ke Article

Dapatkan Badan Ideal, dengan Konsumsi Air

18 Nov 2021 Minuman
Dapatkan Badan Ideal, dengan Konsumsi Air
18 Nov/2021

Menambah porsi konsumsi air, sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Katanya sih, mengonsumsi air mampu membakar kalori yang ada pada tubuh. Apakah pernyataan itu benar? Atau hanya mitos, bahkan strategi pemasaran saja?

Nol Kalori

Jika kamu bertanya-tanya mengenai kandungan kalori pada air, kini kamu sudah bisa tidur dengan nyaman. Air sama sekali tidak mengandung kalori. Meskipun nol kalori, air masih mengandung mineral tertentu seperti fluoride, besi, kalium, dan natrium. Ketiga kandungan ini memiliki kadar yang cukup rendah. Jadi kalau ada yang bertanya, minuman apa yang sama sekali tidak mengandung kalori, kamu tentu bisa menjawabnya, air!

 

Penurun Berat Badan

Kamu enggak perlu merogoh kocek yang mahal untuk membeli minuman, vitamin atau obat penurun berat badan. Cukup dengan mengonsumsi air secara rutin, maka lemak dan kalori dalam tubuh bisa berkurang. Hal ini disebut resting energy expenditure, yaitu dimana air mampu meningkatkan jumlah kalori yang dibakar dalam tubuhmu. Beberapa orang menyarankan untuk meminum air dingin, lantaran mampu menurunkan berat badan secara lebih cepat. Tubuh akan menghangatkan air dingin yang kamu konsumsi, sampai mencapai suhu tubuh supaya dapat diproses oleh tubuh. Untuk melakukannya, tubuhmu memerlukan energi yang cukup besar. Wah, ternyata bukan mitos ya!

Turunkan Berat Badan

Kini kamu sudah tahu jika air tidak mengandung kalori sama sekali, dan mampumenurunkan berat badan. Lantas, bagaimana caranya? Tips pertama adalah dengan mengonsumsi air putih sebelum makan. Air putih tidak mengandung kalori, namun mampu membuat perut menjadi kenyang. Ini akan membuatmu mengurangi porsi makan. Kalau kamu melakukannya secara rutin, kamu bisa mengurangi kaleri sekitar 0,5 kilogram  dalam seminggu.

 

 

Sebanyak apapun kamu minum air, enggak akan menyebabkan kegemukan. Cara kedua adalah dengan meneguk segelas air ketika kamu merasa ‘lapar’. Terkadang rasa haus yang kita rasakan, malah disugestikan menjadi ‘lapar’. Cobalah untuk minum air ketika kamu merasa lapar. Jika kamu melakukannya secara rutin, maka lambat laun kamu enggak perlu ngemil dengan memakan snack. 

Jangan Berlebihan

Mengonsumsi air secara berlebihan mampu membuatmu terkena hyponatremia. Itu adalah kondisi dimana darah menjadi encer dan kekurangan kekentalannya. Selain itu, kadar elektrolit pada tubuh berkurang. Paling parah, hyponatremia bisa menurunkan fungsi kerja otot jantung hingga menyebabkan koma. Wah, bahaya juga ya.

 

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH