Kembali ke Article

Dapur Higienis, Usir Lalat cara Alami

02 Nov 2019 Headline Tips n Trick
Dapur Higienis, Usir Lalat  cara Alami
02 Nov/2019

Siapa bilang lalat tidak bisa diusir dari dapur? Ternyata ada cara alamiah yang aman untuk mengusir lalat dari dapur. Cara alamiah ini sangat penting, karena jika menggunakan bahan kimia, dikuatirkan akan bercampur dengan bahan makanan yang sedang diolah.

Dapur menjadi lokasi vital di rumah, karena dari tempat ini berbagai macam makanan dihidangkan. Kita semua paham bahwa dapur dan alat-alat masak yang tidak higienis bisa mengganggu kesehatan keluarga. Itulah mengapa membersihkan dapur pun harus diperhatikan, bagaimana uraian lengkapnya? Baca Makanabis

Ada beberapa rempah yang baunya tidak disukai lalat seperti pandan dan cengkih.! Namun, harus kita ingat bahwa menjaga kebersihan dapur tetaplah yang utama. Selalu simpan bahan makanan yang berpotensi bau anyir seperti daging di tempat khusus. Segera buang makanan yang sudah basi agar lalat tidak menghampiri.

Daun Pandan

Alih-alih menangkapnya, kita bisa menggunakannya untuk mengusir lalat di dapur. Iris tipis daun pandan dan taruh di piring kecil. Simpan piring di tempat-tempat yang sering dikerubungi lalat. Daun pandan yang masih segar dan wangi akan lebih efektif mencegah lalat datang.

Cuka Apel

Cuka apel bisa digunakan sebagai perangkap lalat. Hal ini karena bau fermentasi cuka apel disukai lalat. Gunakan cuka apel sebagai umpan dengan cara menuangkan sedikit cuka apel pada botol bekas. Gunting bagian tengah botol sehingga membentuk gelas, kemudian tutup dengan kertas. Buat lubang pada kertas sehingga lalat bisa masuk dan terjebak dalam larutan cuka apel.

Cengkih dan Lemon

Paduan lemon dan cengkih dapat digunakan untuk mengusir lalat karena wanginya yang khas.

Wangi cengkih dan lemon tidak disukai lalat. Ada dua cara yang bisa dipilih. Pertama, potong lemon menjadi empat bagian. Kemudian, tancapkan 4-5 batang cengkih di bagian tengah lemon. Taruh di piring kecil dan simpan di tempat yang sering didatangi lalat. Atau  rendam cengkih dalam mangkuk berisi air. Simpan mangkuk tersebut di tempat yang sering dikerubungi lalat.

Kayu Manis, Bawang dan Bubuk Cabai

Racikan pengusir lalat berikutnya adalah gabungan dari kayu manis, bawang putih, dan bubuk cabai. Ketiga rempah ini memiliki wangi yang kuat dan tidak disukai lalat. Kayu manis dan bawang putih bubuk, bisa juga memilih bawang putih dan kayu manis utuh. Simpan tiga rempah tersebut di piring kecil.

Tanaman Khusus

Jika sebelumnya kita menggunakan rempah untuk mengusir lalat, kita juga bisa menggunakan tanaman yang masih bertumbuh. Beberapa tanaman yang tidak disukai lalat adalah lavender, daun mint, bunga marigold, daun kemangi, dan daun salam. Wangi dari tanaman ini membuat lalat enggan datang. Menyimpan pot kecil tanaman kemangi dan daun mint di dapur bisa mengusir lalat secara alami sekaligus membuat interior dapur terlihat lebih segar. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian.  Paskalis Andrew/Berbagai sumber. Paskalis Andrew -

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH