Kembali ke Article

Ternyata Ini Asal Usul Makanan

14 Nov 2021 Food Story
 Ternyata Ini Asal Usul Makanan
14 Nov/2021

 

Semua bahan makanan pasti memiliki asal usul, seperti nasi yang terbuat dari padi. Semua orang pasti mengetahuinya. Akan tetapi, ada juga bahan makanan yang mungkin tidak banyak orang yang mengetahui asal usulnya. Pernah enggak sih, kamu penasaran mengenai asal usul bahan makanan? Berikut ini makanabis akan menguraikannya.

 

Kismis

Kismisadalah salah satu bahan makanan yang biasa dijadikan isian dari roti. Berukurankecil, berwarna kuning atau kehitaman, bentuknya sedikit berkerut dan kenyal.Tahukah kamu, kismis terbuat dari buah anggur yang dikeringkan, lho. Rasa kismisyang manis disebabkan karena konsentrasi gula yang tinggi. Akan tetapi beberapaorang tidak menyukai rasanya karena terkadang sedikit masam.

 

Wijen

Pernah makan onde-onde? Kamu pasti melihat biji kecil berwarna putih yang menempelpada onde-onde. Biji kecil putih tersebut bernama wijen. Wijen terbuat dari tanaman wijen. Tanaman tersebut memiliki ‘buah’ berwarna hijau dengan bagian luar yang memiliki sedikit bulu halus, yang ketika dibelah akan terlihat biji-bijian putih tersebut. Terdapat dua jenis wijen, yaitu wijen putih dan wijen hitam.

Koya

Kamu bisa menemukan serbuk gurih ini di tempat makan yang menyediakan soto. Beberapa orang sangat menyukai tambahan koya pada sajian soto. Koya ini terbuat dari bahan yang mudah didapat. Bahkan koya sangat mudah untuk dibuat. Bahan yang dibutuhkan adalah kerupuk udang dan juga bawang putih. Goreng kerupuk udang hingga matang dan renyah, dan juga goreng bawang putih hingga kecokelatan. Haluskan kerupuk udang dan bawang putih goreng dengan cara menggiling atau menumbuknya. Jadilah koya!

 

Terasi

Bisa dibilang ini adalah bumbu ajaib yang Indonesia punya. Beberapa sajian yang ditambahkan terasi, akan menghasilkan cita rasa yang maknyus. Sambal terasi juga menjadi sambal favorit untuk menyantap menu penyetan. Jadi, terbuat dari manakah bahan makanan yang juga disebut dengan belacan ini? Terasi terbuat dari ikan atau udang rebon yang difermentasikan. Meski bisa membuat rasa makanan jauh lebih enak, aromanya cukup tajam.

Oregano

Ini adalah bahan makanan yang enggak boleh dilupakan ketika menyajikan sajian pasta. Penambahan oregano ini membuat rasa serta aromanya menjadi lebih menggoda. Bentuknya oregano seperti daun berukuran kecil-kecil dan kering. Terbuat dari tanaman yang masih satu keluarga dengan tanaman mint. Caranya adalah dengan mengeringkan daun oregano, kemudian menumbuknya hingga menjadi halus. 

 

 

.

Selasih

Memilikipenampakan seperti telur kodok, bahan makanan ini disebut selasih. Selasih biasa ditambahkan ke dalam minuman es, seperti es selasih atau es buah. Selasihternyata terbuat dari tanaman, lho. Tanamannya cukup wangi, seperti tanaman kemangi. Nah selasih ini merupakan bagian biji dari tanaman selasih tersebut.

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH