Kembali ke Article

Delicioso, Ini 7 Jenis Saus Salsa Khas Meksiko!

05 Dec 2019 Ragam
Delicioso, Ini 7 Jenis Saus Salsa Khas Meksiko!
05 Dec/2019

Jika Indonesia punya sambal, maka meksiko punya saus salsa. Bahasa latin dari salsa artinya ‘garam’ atau asin. Ciri khas dari saus salsa adalah dibuat dari tomat segar dan juga cabai meksiko yang ditumbuk, meski kini seringkali dibuat dengan cara diblender. Selain itu, cita rasanya yang sangat segar karena langsung disajikan dan dikonsumsi setelah membuatnya. Sama seperti Indonesia, Meksiko juga punya beragam jenis saus salsa. Makanabis rangkum 8 saus salsa khas Meksiko buat kamu. Bahkan beberapa mirip sambal Indonesia!

Enchilada Sauce

Dibuat dari bubuk cabai, bawang putih, bawang merah, saus tomat, dan bumbu lainnya. Berwarna oranye dengan tekstur yang sedikit cair. Mengingatkanmu pada saus sambal cair untuk makan bakso, kan? hehehe

Guacamole

Ini dia saus salsa yang paling terkenal. Berwarna hijau dengan teksturnya yang sedikit creamy, terbuat dari alpukat yang dihaluskan kemudian dicampur dengan tomat, bawang merah, bawang putih, dan perasan jeruk nipis. Yummy!

Mango Salsa

Saus salsa ini berbahan dasar buah mangga. Bahan lainnya yaitu paprika merah, bawang merah, cabai, dan ketumbar. Bahan-bahan tersebut dipotong kecil-kecil dan langsung dimakan begitu saja. Rasanya tentu saja ada sedikit asam, kecut, segar dan pedas. Mango salsa dijadikan garnish pada sajian ikan bakar atau nachos. Indonesia juga punya sambal mangga, yang dibuat dari pasrahan buah mangga.

Chipotle Salsa

Terbuat dari cabai jalapeno kering, bawang putih, tomat, ketumbar, dan aneka macam rempah-rempah. Ketika dihirup, aromanya cukup pedas da nada aroma smoky. Secara tampilan, mengingatkanmu pada sambal khas Indonesia.

Pico de Gallo

Kebanyakan bahan untuk membuat salsa harus dimasak dulu. Namun saus salsa kali ini menggunakan bahan segar yang tidak dimasak. Langsung saja campurkan potongan bawang merah, tomat, dan jalapeno kemudian beri perasan air jeruk nipis. Makanan yang pas untuk dicocol ke saus ini adalah tacos. Mengingatkanmu pada sambal dabu-dabu, ya?

Salsa Rojas

Terbuat dari campuran tomat, cabai, bawang merah, bawang putih dan juga ketumbar segar. Bahan-bahan diatas kerap kali hanya dipotongi, sehingga bentuknya masih terlihat. Biasa dijadikan saus salsa pendamping untuk masakan Amerika selatan.

Salsa Verde

Indonesia punya sambal cabai ijo, maka meksiko punya salsa verde. Disebut juga dengan saus salsa hijau karena warnanya hijau. Terbuat dari tomat, bawang putih, bawang merah, paprika hijau atau cabai hijau dan ketumbar. Biasa disajikan dengan makanan seperti taco, quesadilla atau burrito. Beragam, ya? Gak bakalan bosen deh, karena bisa cobain saus salsa yang beda-beda terus! Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri

Article Lainnya


Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Bagi sebagian orang, daun alur mungkin trasa agak asing. Sayuran yang memiliki nama latin Saudea mar...

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Membicarakan sambal nusantara tentu tak akan ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki berbgai samb...

Resep Sup Konro Legendaris

Resep Sup Konro Legendaris

Terdapat suatu hidangan yang selalu diburu para wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat berkunj...

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Cuaca yang tak menentu membuat seseorang gampang terserang penyakit. Di saat seperti itu, daya tahan...

JELAJAH