Kembali ke Article

Dendeng Pedas Batokok Khas Bukittinggi

Dendeng Pedas Batokok Khas Bukittinggi foto:covesia
01 Apr/2020

Dendeng  makanan yang sangat akrab bagi masyarakat Indonesia. Dendeng terbuat dari olahan daging sapi. Namun  tak jarang daging kambing atau semacamnya juga bisa digunakan. Dendeng sendiri biasanya memiliki rasa yang asin, pedan dan ada yang cenderung rasa manis.

Proses pembuatan dendeng menggunakan api kecil, inilah yang membuat mengapa pembuatan dendeng jadi sangat lama. Makanabis mencatat dendeng memiliki daya tahan yang lama tanpa perlu dimasukan ke dalam lemari es karena telah diawetkan secara alami oleh gula.

Dendeng di Nusantara memiliki banyak sekali jenisnya mulai dari dendeng balado sampai dendeng batokok. Dendeng batokok merupakan dendeng yang paling mudah ditemui di wilayah aslinya yaitu di Bukittinggi, Sumatera Barat. Dibalik rasanya yang enak, dendeng Batokok memiliki sejarah yang panjang. 

Dendeng batokok berasal dari kata tokok dalam bahasa Minang yang artinya dipukul. Dikarenakan cara pembuatannya dengan cara dipukul, pada saat mengolah daging sapi dagingnya akan dipukul terlebih dahulu menggunakan alu cobek. Tujuannya adalah supaya daging menjadi lebih empuk dan mudah menyerap bumbu. Sebelum dipukul, daging diiris dengan ukuran sekitar 1-2 cm. Daging yang telah diiris kemudian dipukul-pukul supaya seratnya pecah dan  agar daging menjadi lebih lebar. Selain daging menjadi lebih lebar juga membuat bumbu jadi lebih mudah meresap dikarenakan serat dagingnya telah pecah. Usai dibumbui daging dibakar atau digoreng. Baru dibuatkan sebuah sambal yang biasanya menggunakan cabe hijau.

 

Daging yang digunakan adalah daging bagian paha atau dekat ekor. Karena pada bagian ini bagian yang lebih nikmat dibandingkan bagian yang lain. Biasanya dendeng batokok disantap sebagai makanan sehari-hari. Selain karena daging yang digunakan merupakanbagian yang nikmat ada factor lain yang mempengaruhi kenikmatan dendeng batkok yaitu sambalnya yang pedas. 

Pembuatan sambalnya dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, cabedan tomat. Setelah dihaluskan, tumis campuran bumbu tersebut dan masukkan merica, garam dan cuka kedalamnya. Ketika sambal dimasak akan muncul bau harumyang menandakan sambal telah matang. Setelah itu sambal dilumurkan di atas daging.

Jika anda sedang berada di Bukittinggi, Sumatera Barat jangan lupa untuk mencicipi makanan ini karena rugi jika anda tidak merasakan kenikmatan asli Nusantara ini. Selain itu anda bisa membelinya sebagai buah tangan ketika hendak pulang karena dendeng merupakan makanan yang tahan lama,jadi sangat cocok sebagai buah tangan. Paskalis Andrew

 

Article Lainnya


Bobotie, Olahan Daging Cincang Khas Afrika Selatan

Bobotie, Olahan Daging Cincang Khas Afrika Selatan

Berkunjung ke Afrika Selatan tentu tak akan lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya. Salah satu maka...

Siput Gonggong Asam Pedas, Khas Bangka Belitung

Siput Gonggong Asam Pedas, Khas Bangka Belitung

Saat berkunjung ke Bangka Belitung, akan sangat mudah menjumpai siput gonggong di berbagai sajian kh...

Daging Kambing Picu Hipertensi? Ini Penjelasannya!!

Daging Kambing Picu Hipertensi? Ini Penjelasannya!!

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana jantung dipaksa untuk memompa darah lebih...

Ketumbar Lawan Maag

Ketumbar Lawan Maag

Ketumbar alias Coriandrum sativum salah satu jenis tumbuhan rempah rempah yang populer s...

JELAJAH