Kembali ke Article

Diare Non Stop? Cegah dengan Bahan Alami Ini

03 Jan 2020 Headline Ragam
Diare Non Stop? Cegah dengan Bahan Alami Ini
03 Jan/2020

Musim hujan telah tiba. Awal  2020 pun dibuka dengan hujan deras hingga banjir yang melanda beberapa daerah di Indonesia. Adanya banjir kerap menjadi penyebab beberapa wabah penyakit semakin meningkat. Salah satu penyakit yang sering terjadi saat banjir melanda, yakni diare. Diare sendiri adalah penyakit yang menganggu sistem pencernaan dimana penderita akan merasa ingin buang air besar lebih banyak dengan kondisi tinja yang encer. Untuk mencegahnya, Makanabis menyaran penderita untuk mengonsumsi beberapa minuman berbahan alami dibawah ini.

 

Oralit

Sudah sangat lumrah jika sesorang yang terkena diare mengonsumsi oralit sebagai obatnya. Oralit dijual bebas di banyak tempat. Namun jika kamu ingin membuatnya sendiri, sangat mudah. Hanya dengan mencampurkan satu liter air matang dengan setengah sendok teh garam dapur dan 8 sendok teh gula pasir lalu mengaduknya secara rata, maka oralit buatan sendiri pun bisa dikonsumsi.        

Wedang Jahe

Wedang jahe atau jahe anget kerap dikonsumsi untuk menghangatkan badan. Selain itu, wedang jahe ternyata memiliki fungsi lain yakni sebagai obat mencegah diare. Kandungan dalam wedang jahe mampu mencegah perkembangbiakan bakteri E.coli dan Salmonella yang menyebabkan diare. Rasa mual juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi minuman ini.

 

Air Kelapa

Saat seseorang terkena diare, proses BAB mereka akan lebih sering dan menyebabkan mereka dehidrasi serta kekurangan nutrisi. Dalam hal ini, air kelapa berperan untuk mengobatinya melalui elektrolit yang diproduksi. Elektrolit ini nantinya akan mengurangi dehidrasi dan menambah nutrisi yang banyak terbuang melalui proses BAB yang terlalu banyak. 

 

Yogurt

Sudah menjadi rahasia umum jika yogurt memang sangat baik untuk sistem pencernaan. Yogurt mengandung bakteri baik yang sangat bagus untuk mencegah bakteri penyebab diare berkembang biak. Oleh karenanya, yogurt sangat baik diminum saat diare. Namun bagi penderita yang tidak begitu menyukai rasa masam, bisa mengonsumsi air kelapa atau wedang jahe.

Beberapa minuman diatas tak hanya dapat mengobati diare, namun juga sangat mudah dan murah untuk mendapatkannya. Selain itu, menjaga kebersihan makanan dan selalu mencuci tangan saat hendak makan harus selalu kamu lakukan untuk mencegah diare, terutama saat banjir melanda. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Inas

Article Lainnya


Resep Lontong Anti Gagal

Resep Lontong Anti Gagal

Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan lontong. Ya, makanan yang satu ini bisa diibaratkan...

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Masuknya Bangsa China di Indonesia tak hanya membawa para imigran atau pengaruh budaya saja, namun j...

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Adalah kebiasaan yang lumrah bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati berbagai macam buah men...

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Di Indonesia, pastry mungkin kurang begitu popular, tapi saat ini hidangan pastry ini sudah mulai po...

JELAJAH