Kembali ke Article
Doclang, Nikmat Rahasia Daun Patat doclang pak Odik terkenal seBogor raya
05 Nov/2019

Doclang, Nikmat Rahasia Daun Patat

05 Nov 2019 Selera Nusantara

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Kota Bogor memiliki julukan Kota Hujan. Karena kota ini hampir sering turun hujan. Tak hanya itu Bogor juga memiliki banyak makanan yang khas seperti asinan, lapis talas, dan doclang. Bagi anda yang tinggal diluar Jawa Barat, mungkin doclang mungkin belum populer. Beruntung makanabis melaporkan untuk pembaca sekalian, jadi tidak perlu ke Bogor. 

Doclang sendiri merupakan makanan khas tradisional bogor, doclang umumnya disantap pada saat sarapan. Makanan ini terdiri atas irisan lontong ukuran besar yang dibungkus daun patat, kentang, tahu, kerupuk, dan telur rebus. Berbagai bahan ini kemudian disiram bumbu kacang yang dicampur aneka macam rempah. Kemudian, bahan-bahan tersebut ditambah kecap secukupnya, dan sambal. 

Jika kita lihat sekilas doclang memiliki kesamaan dengan ketoprak. Meskipun  secara fisik sama, ada yang membedakan doclang dengan ketoprak yaitu pada Ketupat yang digunakan dalam sajian doclang dibungkus dan dimasak dengan menggunakan daun patat. 

Konon, daun yang mempunyai nama latin Phrynium capitatum ini sudah sejak lama digunakan masyarakat Bogor sebagai bahan pembungkus makanan. Daun patat banyak dijumpai di Bogor dan biasa digunakan sebagai bahan pembungkus karena diyakini banyak mengandung serat dan protein, selain juga karena tekstur daunnya yang halus dan elastis untuk dijadikan bahan pembungkus.

Hal lain yang membedakan doclang dari ketoprak dan kupat tahu adalah penggunaan kentang. Potongan kentang rebus merupakan salah satu bahan utama selain ketupat dan tahu dalam sajian doclang. 

Satu porsi doclang lengkap dengan tambahan telur dijual seharga Rp 10.000. Potongan ketupat, tahu, kentang, telur, dan siraman bumbu kacang merupakan perpaduan yang unik. Doclang sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Selain mengandung karbohidrat yang tinggi, doclang memiliki cita rasa yang meriah. Doclang akan lebih nikmat jika disajikan bersamaan dengan teh hangat. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Paskalis Andrew.

Article Lainnya


Tips & Trick Memanggang Seafood

Tips & Trick Memanggang Seafood

Seafood adalah sebutan untuk makanan berupa hewan yang ditangkap dan diambil dari laut ataupun hasil...

Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding ontbijtkoek adalah puding berkaramel. Puding berkaramel sangat cocok jika disajikan tepat pes...

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Kali ini makanabis akan mengulas tentang macam-macam appetizer. Jika kalian sering ke pesta, pasti t...

Tak Hanya Untuk Kue, Ini Manfaat Baking Soda bagi Kesehatan

Tak Hanya Untuk Kue, Ini Manfaat Baking Soda bagi Kesehatan

Bagi yang gemar membuat kue sendiri, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya baking soda.Baking s...

JELAJAH