Kembali ke Article

DR Ignaz Semmelweis, Pelopor Cuci Tangan

26 Mar 2020 Headline Inspirasi Ragam
DR Ignaz Semmelweis, Pelopor Cuci Tangan
26 Mar/2020

Ditengah serangan pandemi covid 19, dunia seperti kembali diingatkan untuk kembali menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat. Seperti mencuci tangan, mandi, mencuci baju dan langkah-langkah antisipatif kesehatan lainnya. Karena menurut pakar WHO, meski terbilang sangat sederhana, namun terbukti, mencuci tangan mampu membunuh dan mencegah persebaran covid 19.

Yang sering dilupakan adalah seorang tokoh kesehatan yang pertama kami mempopulerkan gerakan cuci tangan. Makanabis mencatat nama Ignaz Semmelweis, menjadi tranding topik pada mesin pencarian. Siapa sebenarnya DR Ignaz Semmelweis?

Ignaz Semmelweis  lahir pada 1 Juli 1818 di kota Budapest, Hungaria. Namun, kebanyakan orang mengetahui, Ignaz sebagai dokter asal Jerman. Ternyata hal ini karena selepas menamatkan pendidikan menengahnya di Hungaria, ia meneruskan pendidikan dokternya di Jerman.

Sebelum dikenal sebagai pelopor pencuci tangan, Ignaz Semmelweis  menempuh dan menyelesaikan pendidikan di bidang spesialis kebidanan di Jerman. Ia mendapatkan gelarnya di Universitas Vienna. Pada 1846 Ignaz Semmelweis memutuskan untuk bekerja di Rumah Sakit Umum Vienna. Kala itu, ia dipercaya menjadi asisten profesor Johann Klein dan bersama-sama memimpin klinik bidan.

Pada saat menjadi kepala pada  klinik bidan tersebut, Ignaz Semmelweis dihadapkan dengan infeksi misterius yang menyebabkan angka kematian ibu yang baru melahirkan meningkat. Dengan segala upaya, Ignaz pun mencari tahu penyebab kematian tersebut. Hingga akhirnya ia menemukan bahwa tangan para dokter membawa infeksi kepada ibu yang rentan.

Setahun kemudian tepatnya pada 1847, ia pun menginisiasi para dokter untuk hand washing atau mencuci tangan sebelum melakukan operasi. Dengan begitu, infeksi yang ditularkan dari tangan bisa berkurang.

2020 ini Meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih Meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai Meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew/berbagai sumber.

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Jagung Keju Mozerella Nikmat Molor

Jagung Keju Mozerella Nikmat Molor

Hanya dengan lima bahan baku, makanabis akan membagikan resep kudapan yang nikmat nan sehat....

JELAJAH