Kembali ke Article

Ebi, Manfaat dan Cara Memilihnya

14 Jan 2020 Headline Ragam
Ebi, Manfaat dan Cara Memilihnya
14 Jan/2020

Sudah sejak lama ebi atau udang kecil kering menjadi salah satu dari bahan penyedap yang biasa digunakan masyarakat Indonesia. Manfaat ebi sendiri ialah untuk penyedap dan bumbu yang membuat rasa masakan menjadi enak dan gurih. Kebanyakan ebi dipakai untuk menguatkan citarasa seafood. 

Dari pantauan Makanabis, harga ebi ini terbilang masih terjangkau di pasar tradisional.  Dan ketimbang memakai penyedap rasa industri, ebi adalah pilihan penggantinya. Rasanya juga tak kalah dengan beberbagai jenis MSG yang ada dipasaran. Selain alamiah, ebi juga sangat menyehatkan. Selain manfaat, Makanabis juga memberikan fakta mengenai manfaat dari ebi.

Membeli Ebi

Ketika membeli ebi, yang perlu anda perhatikan dan pilih badan ebi yang masih utuh. Jangan pilih atau beli ebi yang telah hancur atau lapuk, sebab ebi yang seperti itu mudah rusaknya. Pilihlah ebi dengan warna jingga yang alami, hindari memilih ebi yang berwarna jingga atau abu-abu. Cium bau ebi tersebut, jika ada bau menyengat selain bau udang segera urungkan niat untuk membelinya

 Menyimpan Ebi

Alangkah bagusnya setelah ebi dibeli di masukan atau disimpan di dalam kulkas supaya ebi bisa bertahan lama. Ebi yang disimpan didalam kulkas akan tetap renyah saat digunakan dikemudian hari. Namun apabila tidak ada, anda bisa dengan menyimpannya ke dalam toples tertutup rapat. Hindari ebi dari paparan sinar matahari secara langsung dan juga tidak lembab supaya kualitas ebinya tetap bagus.

Menggunakan Ebi

Ketika akan menggunakan ebi baik untuk memasak atau yang lainnya, Anda bisa merendam terlebih dahulu ebi ke dalam air panas sampai daging ebi terasa lunak. Sesudah itu ebi pun siap untuk digunakan. Artinya berikan cukup waktu agar ebi siap untuk dimasak.

 

Manfaat Ebi

Rendah Kalori
Seekor udang yang ukurannya sedang mempunyai kandungan sekitar 7 kalori.  Maka spabila dimakan selusin memberi kalori sebesar 85 kalori, 15 kal lebih dari 3 ons dada daging ayam. Sementara udang dengan ukuran besar, mempunyai kandungan 18 kalori yang apabila dimakan dengan jumlah banyak tidak akan memberikan banyak kalori kepada tubuh.

Menjaga Kesehatan

Protein udang membantu menjaga kesuburan dan kesehatan baik kulit, rambut, dan kuku. Memakan udang jangan lah berlebihan sebab nanti malah memberikan efek yang tidak baik untuk tubuh.

Mencegah anemia

Udang mempunyai kandungan 21 persen vitamin B12 yang disebut juga nutrisi untuk penunjang produksi sel darah merah dan bisa membantu mencegah penyakit anemia.

Energi

Udang menambah kinerja atau energi, sebab udang kaya dengan zat besi yang bisa meningkatkan energi pada manusia. Niasin atau vitamin B3 yang ada di dalam udang bisa membantu pemrosesan lemak, protein, dan karbohidrat menjadi energi bagi tubuh kita.  Dengan meeberian yang dulu ngantri, sekarang bisa Pre Order. Cashlesskan transaksimu dengan GOPAY, DANA dan LinkAja. Tunggu apalagi? Buruan download meeberian sekarang di hapemu. Paskalis Andrew

 

Article Lainnya


NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

Sepekan terakhir, kita jadi lebih sering membaca, mendengar dan melihat di media massa mengenai New ...

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Baru-baru ini brand biskuit Oreo membuat geger dunia maya karena meengeluarkan produk yang sangat ma...

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Bagi mayoritas masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Bahk...

6 Keju Terpopuler di Indonesia

6 Keju Terpopuler di Indonesia

Produk olahan susu bertekstur lembut dengan rasa asin yang cukup kuat. Keju adalah bahan yang ...

JELAJAH