Kembali ke Article

Efek Buruk ‘Salah’ Minum Kopi

22 Sep 2020 Coffee N Tea Headline
Efek Buruk ‘Salah’ Minum Kopi foto :NYPost
22 Sep/2020

Saat ini kopi sendang berada pada puncak ketenarannya. Lebih dari separuh penduduk bumi mengkonsumsi kopi setiap harinya. Bahkan dibeberapa kedai kopi internasional, menu kopi ini seperti menjadi hal yang dipuja-puja. Benar, kopi memang memiliki segudang manfaat. Tapi apakah kopi tidak memiliki efek samping?

 

 

 

Tergelitik dengan pertanyaan tersebut, Makanabis mencoba mengulik dan melakukan riset sederhana tentang dampak negatif dari kopi. Dan benar, kopi memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Namun sebenarnya efek buruk dari minum kopi bisa terjadi karena beberapa hal seperti kondisi kesehatan yang tidak mendukung untuk mengatasi efek kafein. 

foto : thelist
foto : thelist

Selain itu efek buruk kopi ini biasanya dipicu oleh konsumsi kopi secara berlebihan atau cara pengolahan yang tidak benar. Kopi bisa menyebabkan gangguan fungsi kelenjar adrenal terutama bagi orang yang sudah memiliki masalah dengan kelenjar adrenal.

 

 

 

Konsumsi kopi lebih dari 5 cangkir dalam sehari bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kurang peka lingkungan, sakit perut, gelisah, detak jantung dan menyebabkan gangguan kecemasan. Kopi juga dapat menyebabkan masalah atau efek diuretik jadi orang yang sudah memiliki masalah dengan keseimbangan elektrolit dalam tubuh tidak disarankan untuk minum kopi.

Dampak buruk kopi bagi tubuh
Dampak buruk kopi bagi tubuh

Konsumsi kopi yang dicampur gula secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang ditandai dengan sakit perut, detak jantung tidak teratur, kepala pusing dan berbagai gejala yang membuat tubuh lemah. Minum kopi yang mengandung latte atau gula bisa menyebabkan peningkatkan kolesterol.

 

 

 

Jadi, mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula memang sangat baik untuk kesehatan. Namun jika anda sudah memiliki beberapa gangguan kesehatan, sebaiknya minum kopi hitam tanpa gula dalam jumlah yang terbatas. Langkah ini dilakukan untuk mengatasi efek buruk karena berlebihan minum kopi.

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Jagung Keju Mozerella Nikmat Molor

Jagung Keju Mozerella Nikmat Molor

Hanya dengan lima bahan baku, makanabis akan membagikan resep kudapan yang nikmat nan sehat....

JELAJAH