Kembali ke Article

Eggnog, Minuman Khas Natal

06 Dec 2019 Food Story Inspirasi Ragam
Eggnog, Minuman Khas Natal
06 Dec/2019

Budaya barat kerap mengonsumsi eggnog ketika merayakan hari spesial di musim dingin, seperti hari natal. Berbahan dasar kuning telur, memiliki cita rasa yang manis. Eggnog terkenal sebagai minuman beralkohol, meski kini bisa dijumpai eggnog nonalkohol. Dari penelusuran makanabis, Eggnog berasal dari kata Grog (nama lain dari rum) dan juga noggins (cangkir kayu berukuran kecil tempat eggnog disajikan).

Sejarah Egg Nog

Ternyata minuman ini sudah ada sejak abad ke-17, lo. Kala itu, minuman egg nog hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan Inggris. Hal ini dikarenakan di dalamnya biasa dicampur dengan rerempahan mahal saat itu, seperti pala dan kayu manis. Egg nog juga kerap ditambahkan brandy dan sherry, yang mana keduanya adalah alkohol. Penambahan alkohol ini bertujuan agar supaya egg nog tidak cepat basi.

Sekitar tahun 1700-an, orang Amerika mengganti brandy dan sherry dengan rum. Hal ini dikarenakan pajaknya lebih murah. Resep eggnog kerap berubah dari masa ke masa. Bahan-bahan didalamnya digantikan dengan bahan-bahan lain yang lebih murah, lebih lezat dan sebagainya. Namun satu hal yang tak pernah diganti adalah adanya kandungan alcohol di dalamnya. Ada pula yang menambahkan krim, yang bertujuan supaya minumannya lebih kaya rasa dan lebih tebal. Namun ada juga yang menggantinya dengan gelatin.

Dikutip dari New York Times, sekitar tahun 1940-an, kandungan alkohol pada eggnog dihilangkan dan menjadi populer. Eggnog pun banyak ditemukan di beberapa toko minuman karena nonalkohol, dan aman dikonsumsi siapa saja. Oh iya, minuman ini biasanya disajikan dalam keadaan panas. Namun pada tahun 1960-an eggnog dingin nonalkohol mulai banyak digemari.

Bahan dan Cara Membuat 

Meski resepnya kerap berubah dan berkembang, bahan yang satu ini jelas tidak boleh ketinggalan. Selain telur, bahan lain yang digunakan dalam pembuatan eggnog tradisional adalah susu, gula, dan rerempahan seperti bubuk vanili, pala, atau kayu manis. Bagian yang digunakan adalah bagian kuning telurnya. Vanili bertujuan untuk memberikan aroma yang sedap.

Kuning telur dikocok, kemudian ditambahkan air, gula atau susu. Pala diparut kemudian ditaburkan di atasnya. Terkadang bagian topping diganti dengan bahan lain, seperti meringue, whipped cream, cokelat, kayu manis, bahkan es krim!

Ini adalah langkah opsional. Kalau ingin minuman ini menjadi minuman beralkohol, kamu bisa menambahkan rum, brendi atau wiski. Di jerman, eggnog dibuat dari bir yang dididihkan, yang dicampur dengan kuning telur dikocok dan susu. Selain itu ditambah pula gula, parutan kulit sitrun dan bubuk kayu manis. Mereka menyebut minuman ini dengan biersuppe atau sup bir.

Dianggap  Kurang sehat!

Hal ini lantaran bahan-bahan yang digunakan didalamnya. Dikutip dari CNN, egg nog dalam kemasan sekitar 118 mililiter, mengandung 170 kalori. Ini hampir 10 gram lemak dan lebih dari 70 miligram kolesterol. Resep eggnog tradisional kaya akan lemak dan mampu berisiko kolesterol bagi pengonsumsinya. Alhasil, beberapa bahan dalam resep eggnog diubah kembali oleh para pembuatnya. Ada yang mengganti bahan olahan susu dengan air kedelai, almond dan juga santan. Ini juga terasa lebih menyehatkan terutama bagi vegan. Kini muncullah Silk Nog, yaitu Eggnog yang terbuat dari susu kedelai.  Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri P

 

 

Article Lainnya


Sandwich, Tercipta Saat Bermain Kartu

Sandwich, Tercipta Saat Bermain Kartu

Siapa yang tak mengenal sandwich? Makanan yang terbuat dari dua lapis roti yang membungkus beberapa ...

Sulit Ditiru, Diet Ekstrem Ala Selebriti Korea

Sulit Ditiru, Diet Ekstrem Ala Selebriti Korea

Tren kecantikan dunia saat ini seolah berkiblat pada Korea Selatan akibat Hallyu wave atau demam Kor...

Saudara Kembar Nasi Goreng

Saudara Kembar Nasi Goreng

Nasi goreng memang favorit semua orang. Ternyata tak hanya orang Indonesia saja yang menggemar...

Mulai Sekarang, Minum Kopi Tanpa Gula !!

Mulai Sekarang, Minum Kopi Tanpa Gula !!

Makanabis mengutip pernyataan Ory Hofmekler, pakar kopi, jika konsumsi kopi dengan cara ...

JELAJAH