Kembali ke Article

6 Sajian Kuliner Khas Kutai Kartanegara Berbahan Dasar Ikan Gabus

21 Nov 2019 Selera Nusantara
6 Sajian Kuliner Khas Kutai Kartanegara  Berbahan Dasar Ikan Gabus
21 Nov/2019

Ikan gabus adalah bahan makanan yang kerap digunakan dalam sebagian kuliner khas Kutai Kartanegara. Dalam bahasa kalimantannya, ikan gabus ini memiliki nama ikan haruan. Makanabis kali ini merangkum kuliner khas Kutai Kartanegara yang berbahan dasar ikan gabus. Siap mencicipi? 

foto:Idntimes
foto:Idntimes

Buras Berendam

Ini dia primadona kuliner khas Kutai kartanegara, Buras berendam. Wah, apanya nih yang berendam? Jadi Buras Berendam adalah nasi yang dimasak dengan menggunakan santan dan dibungkus dengan daun pisang. Nasinya berbentuk persegi panjang. Kemudian nasi ini disajikan dengan kuah santan bercampur daging ikan gabus plus sambal udang papai dan taburan bawang gorengnya. Kuahnya berwarna kuning dengan sedikit warna putih. Dari bahannya saja kita sudah bisa menebak jika cita rasanya gurih.

foto: merahputih
foto: merahputih

Sayur Asam Kutai

Jangan dibayangkan seperti sayur asam yang biasa kamu santap, ya. Sayur asam khas Kutai ini menggunakan bahan berupa kepala ikan gabus, lho. Dalam semangkuk sayur asam kutai terdiri dari ikan gabus, pisang mentah, ubi, dan juga kangkung. Rasa asamnya berasal dari bahan berupa air jeruk nipis dan terung dayak.

foto:merahputih
foto:merahputih

Rabo Ruan

Sekilas terlihat seperti suwiran daging dan seperti abon, ya? Memang makanan ini berbentuk suiran seperti abon. Bahan dasarnya menggunakan ikan gabus. Ikan gabus dikukus setengah matang, kemudian disuwir-suwir. Rasanya gurih dan paling pas dinikmati bersama sepiring nasi hangat. Yummy!

foto:merahputih
foto:merahputih

Gence Ruan

Lagi-lagi berbahan dasar ikan gabus, namun bukan disuwir-suwir. Ikan gabus ini dicampur dengan bumbu-bumbu bercita rasa pedas. Warnanya kemerahan dan sangat cocok dimakan dengan nasi hangat. Masyarakat Kalimantan sangat akrab dengan sajian tradisional khas ini. Sayangnya, enggak banyak yang tahu mengenai sajian ini. Khasnya lagi adalah tekstur sambal yang tidak terlalu halus, yang menambah cita rasanya.

foto:merahputih
foto:merahputih

Amplang

Amplang adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari adonan ikan haruan dan juga tepung sagu. Bentuknya bulat dengan ukuran sebesar ibu jari orang dewasa. Bisa juga dibuat dari ikan tengiri dan ikan pipih. Kerupuk ini biasa dijadikan sebagai pelengkap sajian khas Kalimantan timur.

foto: visitkaltim
foto: visitkaltim

Nasi Kuning 

Apa bedanya dengan nasi kuning pada umumnya? Lagi-lagi dikarenakan lauk pauknya yang menggunakan bahan berupa ikan gabus. Selain itu rasanya juga lebih gurih karena ditambahkan dengan santan. Diatasnya tak lupa diberikan taburan bawang goreng.

Ternyata di Kutai Kartanegara, ikan gabus bisa dibuat berbagai macam sajian lezat ya? Jadi enggak bosen deh untuk mencicipinya. Buat kamu yang berkunjung ke Kutai Kartanegara, jangan lupa untuk mencoba sajian ikan gabusnya ya! Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian.Putri P

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

5 Tips Agar Mata Tak Merah  Saat Memotong  Bawang Merah

5 Tips Agar Mata Tak Merah Saat Memotong Bawang Merah

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebaga...

Sisi  Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Sisi Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Ada hal yang menarik di dalam dunia kuliner. Ternyata beberapa jenis hantu justru taku...

JELAJAH