Kembali ke Article

Es Jaman Kuno yang Melegenda, Mana Favoritmu?

14 Dec 2019 Selera Nusantara
Es Jaman Kuno yang Melegenda, Mana Favoritmu?
14 Dec/2019

Di Negara beriklim tropis, minuman dingin biasanya selalu menjadi favorit. Bagaimana tidak, minuman dingin atau yang biasa disebut es memang obat jitu penghilang dahaga di tengah cuaca terik. Bahkan sudah dari dulu es sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, tak terkecuali anak-anak. Bagi generasi kelahiran tahun 80 sampai 90an pasti memiliki menu es favorit yang menemani masa kecilnya dahulu. Es-es tersebut saat ini memang sangat sulit ditemukan, namun rasanya pasti tak akan pernah bisa dilupakan deh. Berikut beberapa es jadul favorit generasi 80 atau 90an yang sudah Makanabis rangkum.

Es Potong

 

Dinamakan es potong karena es yang berbentuk lonjong dan memanjang ini akan dipotong terlebih dahulu sebelum disajikan. Es yang terbuat dari tepung maizena ini biasanya memiliki berbagai varian rasa, seperti coklat, durian, vanilla, lemon, hingga stroberi. Es potong ini juga dikenal dengan nama es celup di beberapa daerah karena es akan dicelupkan terlebih dahulu ke dalam adonan coklat kental yang akan membalut seluruh bagian es potong. Harga dari es potong ini sangat terjangkau, yakni antara Rp 2.000 – 2.500 per potong.

 

Es Gabus

Dari tekstur, bentuk, hingga rasa, es gabus tak kalah unik dari es jadul lainnya. Tekstur es ini sangat mirip dengan gabus, yakni empuk ketika digigit maupun dipegang. Mungkin itulah penyebab es ini dinamakan es gabus. Bentuknya kurang lebih sama dengan kue lapis karena dalam satu potong es gabus biasanya memiliki beberapa warna yang berbeda. Warna-warna tersebut berasal dari pewarna makanan yang telah dicampur dengan adonan tepung dan santan yang kemudian dibekukan hingga menjadi es. Harga satu potong es gabus dibanderol Rp 1.000 saja.

 

 

Es Lilin

Saat ini, es lilin masih bisa ditemukan di kampung-kampung dengan harga Rp 2.000an saja. Bentuknya yang lonjong dan memanjang menyerupai lilin membuatnya dinamakan es lilin. Es ini terbuat dari minuman sirup, kolak kacang hijau, ataupun minuman susu yang dibungkus plastik bening dan disimpan dalam freezer sampai membeku.

Es Serut

Es serut juga menjadi salah satu es jadul favorit anak-anak generasi tahun 80-90an. Es yang biasanya dijual dengan harga Rp 2.000 – 3.000 ini tidak jauh berbeda dengan es serut yang ada saat ini. Bahan-bahannya hanya dari es yang diserut dan disemprot dengan sirup varian rasa, seperti stroberi, nanas, maupun melon. Karena warna sirup yang berbeda itulah membuat tampilan es serut menjadi menarik. Ditambah dengan bentuknya yang unik, yakni bentuk kerucut maupun bentuk bola-bola.

Es Wawan

Siapa sih yang tidak suka menikmati es wawan? Pasti masa kecil kalian tidak bisa lepas dari es yang satu ini. Bentuknya yang nampak menyerupai es lilin dan rasa yang menggugah selera, membuat siapa saja pasti jatuh cinta. Tak ada yang mengetahui asal mula es ini dinamai es wawan, namun di beberapa daerah di Indonesia juga menyebutnya sebagai es joly. Es wawan memiliki rasa yang variatif dari anggur, strawberry, coklat vanilla, durian, kopi, hingga pandan  Es wawan saat ini dibanderol dengan harga anatara Rp 2000 sampai 3000.

Es Goyang

Hampir mirip dengan es potong, es goyang juga terbuat dari adonan tepung yang dibekukan dan dicelupkan ke adonan coklat kental untuk membalut permukaan es. Satu hal yang membedakan es potong dengan es goyang adalah cara pembuatannya. Penjual akan menggoyang-goyangkan gerobak saat adonan dibekukan di sebuah alumunium cetakan es. Alasan ini-lah yang membuat es ini dinamakan es goyang. Kamu juga bisa memilih berbagai varian rasa dari es goyang ini hanya dengan membayar sebesar Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per biji.

Es Roti

Es jadul terakhir yang tak kalah lezat adalah es roti. Sesuai namanya, es roti dibuat dari es krim yang disajikan dengan balutan roti. Roti yang digunakan biasanya adalah roti tawar sedangkan es krimnya terbuat dari oalahan santan. Ternyata, es roti ini sangat populer di Singapura saat ini. Di Indonesia, es ini juga disebut sebagai es puter atau bahkan es dondong di berbagai daerah. Es yang memiliki rasa sangat creamy ini biasanya dibanderol dengan harga Rp 2.500 saja.

Dari ketujuh es jadul diatas, es serut lah yang masih sering dijumpai karena biasanya digunakan sebagai campuran es campur maupun minuman kekinian lainnya. Lalu apa kabar dengan es jadul lainnya? Wah, kamu bisa membuatnya di rumah saja deh kalau sedang ingin bernostalgia dengan es-es jadul diatas. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberianInas Rifqia

Article Lainnya


Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Masuknya Bangsa China di Indonesia tak hanya membawa para imigran atau pengaruh budaya saja, namun j...

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Adalah kebiasaan yang lumrah bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati berbagai macam buah men...

SELAMAT PARA PEMENANG SELFIE COMPETITION

SELAMAT PARA PEMENANG SELFIE COMPETITION

Selamat pada para pemang Makanabis Selfie Competition...

6 Buah Penangkal Virus Corona

6 Buah Penangkal Virus Corona

Belakangan ini, dunia tengah dihebohkan oleh pemberitaan tentang menyebarnya virus corona. Berawal d...

JELAJAH