Kembali ke Article

Fakta Odading yang Viral, Enak Seperti Ironman

19 Sep 2020 Ragam
Fakta Odading yang Viral, Enak Seperti Ironman Image Source: matain.id
19 Sep/2020

Baru-baru ini, odading menduduki puncak trending topic di berbagai media sosial dan mesin pencari Google. Jajanan khas Jawa Barat ini seketika menjadi viral setelah unggahan promosinya di media sosial ditonton oleh jutaan orang. Odading sebenarnya bukan makanan baru. Street food dari Jawa Barat yang berbahan dasar tepung terigu dan ragi ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan tetap eksis hingga sekarang. Untuk menjawab rasa penasaran tentang odading yang sedang viral, Makanabis akan mengulik bebrapa faktanya berikut ini.

 

 

 

Video Promosi yang Unik

Awal mula odading menjadi viral rupanya berasal dari video unggahan Ade Londok, seorang Youtuber lokal asal Bandung. Dalam video tersebut, Ade Londok mempromosikan odading dengan intonasi yang menggebu-gebu menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda. Ia juga menyebutkan bahwa kenikmatan makan odading sama dengan menjadi Ironman. Belum diketahui apa maksud dari kesamaan ironman dan odading, namun logat Sunda yang khas serta intonasi tinggi yang dipakai saat mempromosikan odading mampu mengundang gelak tawa dan menarik jutaan viewers.

 

Ade Londok sendiri tidak mengira bahwa unggahannya mampu memviralkan dirinya beserta odading dalam sekejap. Seketika, jumlah followers dan subscribernya meningkat drastis setelah videonya viral. Tak berhenti sampai disitu, Ade Londok kerap diundang oleh para Youtuber ternama di berbagai program. Merasa hidupnya berubah drastis, ia juga tak menyangka bisa didapuk oleh Ridwan Kamil sebagai Duta Promosi UMKM Jawa Barat.

Langganan Presiden SBY

Seperti yang disebutkan dalam video Ade Londok, odading yang ia promosikan merupakan produk yang dijual oleh Pak Sholeh atau biasa disapa Mang Oleh. Terletak di Jalan Baranangsiang Kota Bandung, antrean panjang terlihat mengekor di sekitar gerobak. Mang Oleh juga mengaku bahwa ia harus membuat 100 kg adonan per hari setelah sebelumnya hanya membuat 25 kg adonan per hari. Melihat semakin larisnya odading miliknya tak membuat Mang Oleh menaikkan harga jual. Ia tetap mematok harga odading sebesar Rp 1.500 per biji.

Mang Oleh sebenarnya bukan pemain baru dalam berjualan odading. Ia ternyata sudah berjualan sejak 33 tahun yang lalu bersama dengan cakwe. Diketahui, Presiden SBY dan Ibu Ani rupanya kerap menjadi pelanggan setia odading Mang Oleh sebelum menjabat sebagai presiden. Dengan viralnya video promosi odading, Mang Oleh kini juga mendapat banyak pelanggan baru dari berbagai kalangan, tak terkecuali Ridwan Kamil yang kerap mengunggah potret odading Mang Oleh di akun instagram pribadinya.

Odading Sudah Eksis Sejak Zaman Penjajahan

Odading merupakan makanan khas Jawa Barat yang sudah ada sejak zaman kolonialisme. Jajanan ini memiliki sejarah penamaan yang cukup unik. Makanan yang berbahan dasar tepung terigu ini menjadi siasat warga Jawa Barat dalam membuat sajian yang mirip dengan sajian warga Belanda. Berupa roti goreng manis yang lezat dengan tidak terlalu banyak menggunakan bahan baku, odading tetap bisa eksis hingga saat ini. Cara pembuatan yang mudah juga membuatnya tidak sulit untuk diajarkan secara turun menurun. Berkat kepopuleran odading, saat ini banyak penjual yang memodifikasi jajanan ini dengan tambahan aneka toping dan bentuk.

Beberapa fakta tentang odading yang sedang viral di atas bisa disimpulkan bahwa kekuatan media sosial memang sangat besar pengaruhnya sebagai media promosi, bahkan untuk media promosi produk skala mikro. Ditambah dengan kualitas rasa yang tinggi dan harga yang bersahabat, produk lokal akan bertahan lama dan mampu bersaing dengan kuliner global.

 

Article Lainnya


Dibuang Sayang,  Yuk Kreasi Ulang

Dibuang Sayang, Yuk Kreasi Ulang

Jika ada nasi sisa semalam jangan langsung dibuang. Ternyata nasi lebih ini ...

Jerawatan? Gunakan Masker Daun Sirih

Jerawatan? Gunakan Masker Daun Sirih

Timbulnya jerawat pada kulit wajah terutama pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak memang no...

Makan Pedas Sebabkan Usus Buntu?

Makan Pedas Sebabkan Usus Buntu?

Selama ini, sangat sering kita mendengar pernyataan bahwa makanan pedas adalah penyebab penyakit usu...

Bongkar Aksi Busuk Pedagang Ayam Tiren & Formalin

Bongkar Aksi Busuk Pedagang Ayam Tiren & Formalin

Konsumsi daging ayam saat ini sangat tinggi. Daging ayam adalah sumber protein yang terbilang terjan...

JELAJAH