Kembali ke Article

Foto di Rumah Makan Padang

19 May 2021 Food Story Headline
Foto di Rumah Makan Padang   source : riausky
19 May/2021

 

Pasti Anda penasaran saat  melihat foto tersebut  di restoran atau rumah makan Padang. Mungkin bagi sebagian orang Padang terutama yang berasal dari Pariman, sosok dalam foto tersebut adalah sangat terkenal. Tapi masih banyak orang yang belum kenal dengan kakek tersebut. Siapa dan mengapa fotonya selalu menghiasi rumah makan Padang?  

 

source : beautynesia
source : beautynesia

 

Faktanya, foto tersebut adalah seorang ulama yang kondang  di wilayah Pariaman. Ulama tersebut bernama  Ungku Saliah.  Ungku Saliah memiliki nama asli, Syech Kiramatulla Ungku Saliah. Beliau lahir pada sekitar  1887, ulama sholeh yang   sangat memperhatikan rakyat miskin. Sejak umur 15 tahun, Ungku Saliah mendalami ilmu agama dengan ulama Syekh Muhammad Yatim Tuangku Mudiak Padang di Surau Klampaian Ampalu Tingi. Tak hanya itu, ia juga berguru kepada beberapa tokoh agama yang ada di Pariaman.

 

 

 

Menurut catatan sejarah Minang, Ungku Saliah juga   berguru kepada dua ulama besar lainnya, seperti Syekh Aluma Nan Tuo di Koto Tuo, Bukittinggi dan memperdalam ilmu tarekat kepada Syekh Abdurrahman di Surau Bintungan Tinggi. 

source  : tribunnews
source : tribunnews

 

Masyarakat Minang percaya, Ungku Saliah  mendapatkan kemurahan  Allah SWT, memiliki kemampuan melebihi manusia pada umumnya. Beliau dipercaya mampu melihat   kejadian yang akan datang, menyembuhkan orang sakit, berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan beberapa kelebihan lainnya. Dengan kelebihan itulah Ungku saliah juga pernah ikut berjuang dan membantu tentara kemerdekaan RI dalam perang melawan penjajahan Belanda. Ungku Saliah wafat pada 3 Agustus 1974.

 

 

Seorang pedagang di Padang Pariaman menyebutkan, memajang foto Ungku Saliah adalah bentuk penghormatan dan sebagai tanda  jika pemilik rumah makan itu merupakan  asli atau keturunan dari  Pariaman. Beliau juga sebagai contoh keteladanan orang Pariaman yang telah berjasa mengajarkan ajaran Islam kepada masyarakat. Berbagai sumber.

 

Article Lainnya


7 Waktu Tepat Minum Air

7 Waktu Tepat Minum Air

Cukup minum air setiap hari memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Karena setiap o...

Sejarah Salmon Jadi Favorit Amerika

Sejarah Salmon Jadi Favorit Amerika

Ikan salmon berasal dari ikan jenis marga Salmo dan Oncorhynchus. Kemudian serap...

Buat  yang Belum Tahu Saja! Ini Beda Daging Kambing dan Domba!!!

Buat yang Belum Tahu Saja! Ini Beda Daging Kambing dan Domba!!!

Domba dan kambing, dua hewan yang berbeda, tentu saja karakter dagingnya pun ber...

Ternyata Ini Beda Cupcake dan Muffin

Ternyata Ini Beda Cupcake dan Muffin

Cupcakedanmuffin memang sangat mirip. Keduanya adalah kue yang ditem...

JELAJAH