Kembali ke Article

French Fries Tercipta Dari Rasa Kesal

08 Jan 2020 Food Story
French Fries Tercipta Dari Rasa Kesal
08 Jan/2020

Tak akan menolak jika disuguhi kentang goreng. Dianggap tak terlalu mengenyangkan dikonsumsi, membuat makanan ringan ini sebagai alternatif pengganti roti, gandum, atau pun nasi. Menu kentang goreng di Indonesia dipopulerkan oleh resto cepat saji, nama kerennya french fries. Jika merujuk pada namanya, apakah benar kentang goreng berasal dari Perancis.

 

Makanabis mendapati fakta, jika sebenarnya kentang goreng ini tidak benar-benar berasal dari Perancis. Sebenarnya kentang berasal dari Peru dan Bolivia di Amerika Selatan. Sekitar abad ke-15 para pelaut Spanyol membawanya ke Eropa. Ternyata, kentang bisa tumbuh dengan subur. Pada akhir abad ke-18 kentang sudah menjadi salah satu makanan utama di Eropa, di samping roti. 

Di Amerika, para petani juga menanam kentang. Tapi awalnya di daerah New England kentang merupakan makanan ternak. Dan ketika Thomas Jefferson menjadi duta Amerika di Prancis. Dia sangat menyukai kentang yang digoreng dengan cara penyajian orang-orang Perancis. Dan sepulang tugas di Perancis, Thomas Jefferson tetap setiap menyajikan kentang goreng diacara-acara kenegaraan.

Akibatnya banyak orang juga ikut menyajikan menu ini terutama restoran - kelas atas di Amerika pun tidak malu menyuguhkan gaya french fries. Namun model kentang goreng ketika itu masih panjang, tebal dan lebar. Hingga suatu Suatu hari pada 1853, seorang pria memesan french fries di sebuah restoran di Moon Lake Lodge,Saratoga Springs, Amerika Serikat.

Jengkel

Koki restoran, George Crum seorang Indian bernama,  membuatkan french fries seperti umumnya. Diluar dugaan, tamu tersebut justru marah-marah dengan alasan kentangnya tidak matang, karena terlalu tebal. Crum yang tersinggung ketika masakannya itu dikembalikan. Dengan kesalnya George Crum, mengiris sangat tipis kentang itu sebesar batang korek api.

Diluar dugaan tamu itu malah senang. Lantas banyak tamu lain memesan French fries serupa. Pesanan berdatangan pula dari tempat jauh. Dan sejak itu kentang goreng tipis menjadi sangat terkenal. Bahkan George Crum juga membuka restoran sendiri. Melihat keberhasilannya, banyak orang meniru olahan kentang tersebut hingga terkenal keseluruh dunia.

Horay Tahun baru, makan enak jajan terooosss! Selama sebulan kedepan kalian bisa hemat makan enak di Food Junction Grand Pakuwon Surabaya pakai Meeberian. Dapetin diskon makan hingga 69% dengan memesan makananmu pakai aplikasi Meeberian, yuk buruan download sekarang di hapemu! Paskalis Andrew

 

Article Lainnya


Resep Lontong Anti Gagal

Resep Lontong Anti Gagal

Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan lontong. Ya, makanan yang satu ini bisa diibaratkan...

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Masuknya Bangsa China di Indonesia tak hanya membawa para imigran atau pengaruh budaya saja, namun j...

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Adalah kebiasaan yang lumrah bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati berbagai macam buah men...

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Di Indonesia, pastry mungkin kurang begitu popular, tapi saat ini hidangan pastry ini sudah mulai po...

JELAJAH