Kembali ke Article

French Fries Tercipta Dari Rasa Kesal

08 Jan 2020 Food Story
French Fries Tercipta Dari Rasa Kesal
08 Jan/2020

Tak akan menolak jika disuguhi kentang goreng. Dianggap tak terlalu mengenyangkan dikonsumsi, membuat makanan ringan ini sebagai alternatif pengganti roti, gandum, atau pun nasi. Menu kentang goreng di Indonesia dipopulerkan oleh resto cepat saji, nama kerennya french fries. Jika merujuk pada namanya, apakah benar kentang goreng berasal dari Perancis.

 

Makanabis mendapati fakta, jika sebenarnya kentang goreng ini tidak benar-benar berasal dari Perancis. Sebenarnya kentang berasal dari Peru dan Bolivia di Amerika Selatan. Sekitar abad ke-15 para pelaut Spanyol membawanya ke Eropa. Ternyata, kentang bisa tumbuh dengan subur. Pada akhir abad ke-18 kentang sudah menjadi salah satu makanan utama di Eropa, di samping roti. 

Di Amerika, para petani juga menanam kentang. Tapi awalnya di daerah New England kentang merupakan makanan ternak. Dan ketika Thomas Jefferson menjadi duta Amerika di Prancis. Dia sangat menyukai kentang yang digoreng dengan cara penyajian orang-orang Perancis. Dan sepulang tugas di Perancis, Thomas Jefferson tetap setiap menyajikan kentang goreng diacara-acara kenegaraan.

Akibatnya banyak orang juga ikut menyajikan menu ini terutama restoran - kelas atas di Amerika pun tidak malu menyuguhkan gaya french fries. Namun model kentang goreng ketika itu masih panjang, tebal dan lebar. Hingga suatu Suatu hari pada 1853, seorang pria memesan french fries di sebuah restoran di Moon Lake Lodge,Saratoga Springs, Amerika Serikat.

Jengkel

Koki restoran, George Crum seorang Indian bernama,  membuatkan french fries seperti umumnya. Diluar dugaan, tamu tersebut justru marah-marah dengan alasan kentangnya tidak matang, karena terlalu tebal. Crum yang tersinggung ketika masakannya itu dikembalikan. Dengan kesalnya George Crum, mengiris sangat tipis kentang itu sebesar batang korek api.

Diluar dugaan tamu itu malah senang. Lantas banyak tamu lain memesan French fries serupa. Pesanan berdatangan pula dari tempat jauh. Dan sejak itu kentang goreng tipis menjadi sangat terkenal. Bahkan George Crum juga membuka restoran sendiri. Melihat keberhasilannya, banyak orang meniru olahan kentang tersebut hingga terkenal keseluruh dunia.

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew

Article Lainnya


Asam-Asam Tulangan Khas Banjar

Asam-Asam Tulangan Khas Banjar

Setelah Idul Adha biasanya stok daging masih tersisa melimpah di kulkas. Yang agak ribet adalah menf...

Minyak Ikan, Untuk  Berat Badan Ideal

Minyak Ikan, Untuk Berat Badan Ideal

Memiliki postur yang ideal adalah idaman semua orang. Tentu saja semua itu mensyaratkan pemenuhan ke...

Ini Rahasia Ayam Goreng  Lunak Hingga Tulang

Ini Rahasia Ayam Goreng Lunak Hingga Tulang

Konsumsidaging ayam di Indonesia terus meningkat. Jika di 2017 sudah mencapai 5,68 kg per kapi...

Sejuta Khasiat Sarang Walet

Sejuta Khasiat Sarang Walet

Sarang walet terbuat dari air liur burung walet yang mengering seiring dengan pertumbuhan sarang. Ai...

JELAJAH