Kembali ke Article

Cermati!! Bahan Makanan Berikut Tidak Halal

06 Nov 2019 Headline Ragam
Cermati!! Bahan Makanan Berikut Tidak Halal
06 Nov/2019

 

Ada banyak sekali makanan yang menggunakan olahan daging babi. Sayangnya tidak semua orang boleh mengonsumsinya, contohnya adalah bagi para muslim atau orang yang beragama Islam. Hal ini membuat para muslim harus cukup berhati-hati dalam menyantap makanannya, terutama jika bepergian ke tempat yang lebih didominasi oleh agama lain atau tempat yang kemungkinan menyediakan olahan daging babi. makanabis akan memberikan ulasannya makanan  apa saja yang mengandung unsur non halal. 

Bacon

Bacon sendiri merupakan istilah dalam bahasa Inggris untuk menyebutkan daging yang diambil dari bagian punggung, samping, atau perut hewan yang kemudian diasinkan dan diasapi. Awalnya memang istilah ini ditujukan pada daging babi. Namun kini daging yang digunakan tidak harus daging babi, melainkan bisa menggunakan daging sapi.

Ham

Ini adalah istilah untuk menyebut daging pada bagian paha babi. Jangan keburu kaget dulu! Seperti bacon, enggak semua ham merujuk pada daging babi. Dulunya memang Ham ini ditujukan untuk menyebut daging babi. Akan tetapi kini ada juga ham dari daging sapi, yang pastinya halal bagi muslim. Akan tetapi jika bepergian keluar negeri dan menemui makanan dengan istilah “ham”, mungkin perlu ditanyakan terlebih dahulu.

Hog

Hog memiliki arti yaitu daging babi dewasa dengan berat lebih dari 50 kilogram. Yup, dagingnya berasal dari babi dengan berat badan yang cukup jumbo. Kebalikannya, terdapat pig dimana istilah ini untuk menyebutkan daging babi dengan berat kurang dari 50 kilogram. Kalau istilah pig mungkin banyak orang yang langsung paham, namun hati-hati dengan istilah “hog” ini ya.

 Sow milk

Siapa bilang hanya sapi dan kambing saja yang bisa menghasilkan susu? Babi juga bisa, lho. Susu babi memiliki istilah Sow milk. Kalau dalam menu restoran atau makananmu terdapat istilah ini, maka makanan tersebut mengandung susu babi. Jika tulisannya hanya “sow” saja, maka makanan itu mengandung babi betina dewasa. Akan tetapi daging babi betina ini jarang digunakan.

Cu Nyuk

Cukup familiar dengan istilah ini? Cu Nyuk adalah istilah untuk menyebut daging babi pada makanan seperti bubur dan siomay. Jadi kalau ada makanan bernama siomay cu nyuk, berarti siomay tersebut menggunakan daging babi. Istilah ini adalah penyebutan daging babi dalam Bahasa Khek atau Hakka.

Yakibuta

Yakibuta adalah istilah yang digunakan untuk menyebut babi panggang dalam bahasa Jepang. Kamu akan menemukan istilah di restoran jepang. Acapkali istilah ini juga untuk menyebutkan toping daging babi yang terdapat pada ramen. Kalau kamu menemukan ramen yakibuta, berarti ramen itu menggunakan topping berupa daging babi.

Tonkotsu

Orang Indonesia kerap menggunakan tulang sapi atau ayam untuk membuat kaldu. Namun beberapa masakan juga menggunakan kaldu yang terbuat dari campuran lemak dan juga tulang babi. Kuah kaldu ini biasa digunakan dalam masakan seperti ramen.

Buat kamu yang bepergian ke luar negeri yang berpeluang besar menyediakan olahan daging babi, jangan ragu untuk bertanya pada pelayannya ya. Daripada salah pilih terus menyesal, deh! Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri P

Article Lainnya


Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Masuknya Bangsa China di Indonesia tak hanya membawa para imigran atau pengaruh budaya saja, namun j...

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Adalah kebiasaan yang lumrah bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati berbagai macam buah men...

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Di Indonesia, pastry mungkin kurang begitu popular, tapi saat ini hidangan pastry ini sudah mulai po...

Resep Macaroni Schotel

Resep Macaroni Schotel

Makaroni schotel yang dikenal di Indonesia berasal dari Belanda, sulit untuk dibantahkan. Schotel ar...

JELAJAH