Kembali ke Article

Gandeng PT Meeber, SMKN Kalitengah Luncurkan Kantin Digital Pertama di Indonesia

25 Oct 2019 event
Gandeng PT Meeber,  SMKN Kalitengah  Luncurkan Kantin Digital Pertama di Indonesia Peresmian Kantin Digital oleh Yuliarsih, Kacabdinas pendidikan propinsi Jawa Timur
25 Oct/2019

Langkah baru dirintis oleh SMKN Kalitengah, bekerjasama  dengan PT. Meeber Teknologi Indonesia, sekolah kejuruan ini menjadi sekolah pertama di Indonesia yang telah merubah kantin sekolahnya menjadi kantin digital. Dalam rangkaian kerjasama di bidang model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa). Produk pembelajaran itu, adalah Teaching factory atau lebih akrab disebut program TEFA, melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri yang terus merangkak maju.

Pembelajaran model TEFA pada kompetensi keahlian terutama di bidang multimedia, produk revolusi industri 4.0, berupa pendirian Kantin Digital. Gerai penjualan makanan online ini, diluncurkan hari ini (24/10),  bertempat di aula SMKNEKA kecamatan Kalitengah Lamongan. Peresmian internet of thinks (iot), yakni Kantin Digital dengan menggunakan aplikasi Meeberian. “Saya menyambut gembira program ini. Dengan revolusi

Yuliarsih, Kacabdinas pendidikan propinsi Jawa Timur didampingi Sufaat, Kepala Sekolah SMKN 1 Kalitengah Lamongan Sufaat menyambut baik kegiatan tersebut. "Selain menggelar pameran produk yang dihasilkan dari program TEFA kami juga launching Kantin digital ," ujar Yuliarsih pada Makanabis.com

“Kantin digital ini sangat membanggakan sekolah kami. Disini kami para guru dan anak-anak didik kami memasuki sebuah era digital sampai ke kantin sekolah. Saya harapkan anak-anak dapat belajar. Kedepan, setelah melihat dan menjadi bagian dari kantin digital sekolah ini, para siswa memiliki pengalaman atau bahkan keinginan untuk memiliki bisnis sendiri,” bangga Sufaat.

Di era digital ini  perkembangan yang pesat atas bisnis kuliner menimbulkan persaingan yang sangat ketat. “Persaingan tidak semata-mata dalam hal rasa dan penyajian produk makanan dan minuman semata. Eksistensi, viralisasi dan keterikatan interaksi dengan pelanggan di dunia digital misalnya sosial media, media publikasi hingga reviews ulasan testimoni dan komentar, menjadi sebuah kekuatan dari sebuah revolusi tekonologi, “ ungkap Rudy hartawan, CEO PT Meeber Teknologi Indonesia. 

Dengan adanya kantin digital sekolah, waktu siswa untuk mengantri saat pembelian makanan, minuman atau jajanan akan semakin singkat.  “Kita tahu, waktu istirahat sekolah sangat terbatas. Dengan menggunakan aplikasi MeeberLite untuk kantin dan Meeberian untuk pembeli, transaksi di kantin akan makin cepat dan tentu saja tanpa antrian. Kecepatan adalah kunci dari tenologi digital,” jelas Rudy.

Kesempatan untuk berkembang, lanjut Rudy,   usaha kuliner dan kantin sangat besar. Potensi bisnis yang berbasis digital memberikan kesempatan yang besar bagi siapa saja yang menguasainya. “Transaksi di kantin digital ini juga akan menggunakan metode non tunai alias cashless.  Dengan digitalisasi kantin orang tua tidak perlu repot memberi uang jajan pada anak. Karena mereka bisa langsung melukan top up di Dana dan link aja. Dengan begitu uang saku anak akan lebih terkontrol dan digunakan tepat sasaran,” urai Rudy.

 

 

Article Lainnya


Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Bagi sebagian orang, daun alur mungkin trasa agak asing. Sayuran yang memiliki nama latin Saudea mar...

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Membicarakan sambal nusantara tentu tak akan ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki berbgai samb...

Resep Sup Konro Legendaris

Resep Sup Konro Legendaris

Terdapat suatu hidangan yang selalu diburu para wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat berkunj...

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Cuaca yang tak menentu membuat seseorang gampang terserang penyakit. Di saat seperti itu, daya tahan...

JELAJAH