Kembali ke Article

Gegara Kimchi dan Pao Cai, China-Korsel ‘Perang’

08 Dec 2020 Food Story
Gegara Kimchi dan Pao Cai, China-Korsel ‘Perang’ Saling klaim antara China dan Korea Selatan, foto : korean herald
08 Dec/2020

makanan awetkan seperti acar memang jadi makanan tradisional banyak negara. Kimchi adalah salah satu jenis makanan awetan dari Korea dengan bahan dasar sayuran sawi putih. Dan ternyata tak hanya Korea Selatan saja yang mengaku sebagai pemilik kuliner ini. China mengklaim kimchi sebagai salah satu sajian khas China dengan nama pao cai.

 

 

 

Makanabis memiliki beberapa fakta unik tentang silang sengketa klaim China dan Korsel atas ‘acar’ ini. Kimchi adalah  makanan tradisional Korea berupa sayur yang difermentasi dan diguyur dengan bumbu pedas. Proses pembuatannya dengan meletakkan sayuran berbumbu tersebut dalam sebuah tong gerabah besar dan dipendam dalam tanah. Kini pembuatan  kimchi hanya diletakkan dalam tong tanah liat tanpa dipendam. Kimchi memiliki rasa yang unik menggabungkan antara garam, manis, asam, dan gurih yang bisa membantu menambah nafsu makan.

Warna merah cabai menjadi pembeda, foto : korea times
Warna merah cabai menjadi pembeda, foto : korea times

Kimchi

 

Mengutip berbagai sumber, Kimchi berawal setidaknya pada periode awal Tiga Kerajaan (37 SM ‒ 7 M). Dalam Catatan Tiga Kerajaan, teks sejarah Tiongkok yang diterbitkan pada tahun 289 M, menyebutkan bahwa "Orang Goguryeo ahli dalam membuat makanan fermentasi seperti anggur, pasta kedelai, dan ikan asin dan difermentasi.

Berabad-abad kemudian, masyarakat   Korea memiliki ratusan jenis kimchi, dari sawi putih, lobak putih, sampai daun bawang. Selain nikmat kimci juga rendah kalori, jadi baik dikonsumsi untuk mengontrol berat badan. Kimchi memiliki paprika yang mengandungcapsaicinyang membantu mempercepat metabolisme tubuh.

 

 

 

Kimchi adalah sumber serat makanan yang baik, terutama untuk mengatasi sembelit. Diketahui bahwa bakteri asam laktat dalam Kimchi tumbuh dan matang dengan memproduksi berbagai jenis asam untuk mencegah zat karsinogenik terbentuk dan menekan pertumbuhan hibrida usus.

Didominasi wara putih dengan cita rasa yang lebih manis, foto : wikipedia
Didominasi wara putih dengan cita rasa yang lebih manis, foto : wikipedia

Pao Cai

 

Sementara Pao cai adalah sejenis acar yang berasal dari China. Mirip seperti kimchi, pao cai dibuat menggunakan kubis, batang sawi, kacang panang, paprika, lobak, wortel, dan jahe. Menurut berbagai sumber, pao cai ini biasanya menjadi   bahan campuran dalam masakan China, terutama dari daerah Sichuan.

 

Perbedaan mendasar antara kimchi dengan pao cai terletak pada pemakaian cabai. Jika Kimchi berwarna merah maka pao cai memiliki warna putih. Proses fermenasi pao cai menggunakan air garam, bawang putih, adas, dan lada Sicuan.

Lebih mirip dengan acar yang ada di Indonesia, foto : ist
Lebih mirip dengan acar yang ada di Indonesia, foto : ist

Perseteruan antara kimchi dan pao cai di media sosial mencuat setelah China memenangkan sertifikasi internasional ISO. Ini merupakan standar yang dilaporkan oleh Global Times sebagai standar internasional untuk industri kimchi yang dipimpin oleh China. Tentu saja klaim sepihak ini memicu kegaduhan dua negara ini. Perang di media sosial antara China dan Korea di media sosial dan dianggap sebagai 'pencurian budaya.'

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH