Kembali ke Article

Gula Aren VS Gula Jawa, Ini Bedanya

07 Oct 2020 Ragam
Gula Aren VS Gula Jawa, Ini Bedanya Image Source: pinterest.com
07 Oct/2020

Gula jawa dan gula aren tentu tidak bisa dihilangkan dari daftar bahan makanan di dapur. Kedua bahan ini sudah digunakan sejak dulu kala oleh nenek moyang kita sebagai pemanis makanan maupun minuman. Tekstur dan warna yang hampir mirip rupanya membuat sebagian orang tak dapat membedakan antara gula jawa dan gula aren. Oleh sebab itu, Makanabis akan menguraikan perbedaan keduanya.

Iamge Source: beritabeta.com
Iamge Source: beritabeta.com

Gula Aren

Gula aren terbuat dari nira atau sari tandan bunga pohon aren. Gula ini diolah dengan cara direbus hingga menghasilkan tekstur karamel untuk kemudian dicetak dan dibekukan. Gula aren memiliki tekstur yang lebih getas daripada gula jawa, maka dari itu gula aren lebih mudah hancur. Dari segi warna, gula aren berwarna lebih gelap. Rasa yang lebih legit dan aroma yang lebih kuat membuat gula aren hanya ditambahkan pada makanan dan minuman tertentu. Meskipun rasa dari gula aren sangat legit, gula ini tidak memiliki kandungan insulin sehingga cocok dikonsumsi penderita diabetes.

 

Gula Jawa

Gula jawa sering ditemukan sebagai bahan campuran dalam makanan dan minuman. Rasa dan aroma yang tidak begitu kuat membuatnya cocok ditambahkan ke dalam berbagai makanan dan minuman. Gula ini terbuat dari nira pohon kelapa. Sama-sama diolah seperti gula aren, gula jawa memiliki tekstur yang lebih padat. Warna dari gula ini cenderung lebih terang daripada gula aren dan cenderung berwarna kemerahan, sehingga gula jawa juga biasa disebut sebagai gula merah. Gula jawa memiliki kandungan vitamin C, fosfor, kalium, dan zat besi yang baik bagi tubuh.

 

Setelah mengetahui penjelasan di atas, kamu pasti tidak akan kebingungan lagi membedakan antara gula jawa dan gula aren, bukan?

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH