Kembali ke Article

Gurami Tak Lagi Bau Tanah

10 Dec 2020 Tips n Trick
Gurami Tak Lagi Bau Tanah foto : rkb
10 Dec/2020

Bagi para penikmat olahan ikan gurame, sering kali mendapati kenyataan, daging ikan yang mereka santap mengeluarkan aroma tanah. Tentu saja hal ini sangat mengganggu dan mengurangi kenikmatan menyantap menu berbahan ikan gurami. Sebenarnya masalah ini sudah sejak lama ada. Selain bandeng, ikan yang disebut-sebuat beraroma tanah adalah gurami.

 

 

 

Masalah bau tanah ini sebenarnya bersumber pada pola budidaya ikan tersebut. Namun bukan berarti masalah ini tak ada solusi. Makanabis punya solusi jitu untuk masalah klasik ini. Jadi setelah membaca tips dan trik makanabis berikut ini tidak ada alasan untuk tidak membeli ikan gurami dan mengolahnya menjadi menu yang bergizi. 

Sejak dulu ikan Gurami terkenal sebagai  santapan lezat favorit dengan segala keistimewaan rasa maupun karakter dagingnya yang sangat baik untuk berbagai olahan masakan. Untuk menghilangkan aroma tanah atau lumpur maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih ikan gurami yang masih segar yang ditandai dari bola mata yang masih jernih.

 

 

 

Kemudia perhatikan cara cuci ikan. Saat menyiangi sisik dan mengeluarkan organ dalam ikan gunakan air mengalir untuk membersihkannya. Sayat atau kerat tubuh ikan, baluri seluruh tubuh ikan dengan garam kasar plus air perasan jeruk nipis lalu diamkan selama 1 jam, cuci kembali. Penambahan aneka rempah dalam bumbu rendam gurami sangat disarnakan. Karena aroma rempah akan menyamarkan atau menghilangkan bau amis hingga bau lumpur pada ikan. Mudah bukan? Tips dan triks ini sudah terbukti efektif menghilangkan aroma lumpur pada ikan. 

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH