Kembali ke Article
Berbahan Mentimun, Inilah Rujak Corek Khas Madura!
30 Oct/2019

Berbahan Mentimun, Inilah Rujak Corek Khas Madura!

30 Oct 2019 Selera Nusantara

Di cuaca yang panas dan gerah ini, paling enak mengonsumsi rujak. Rujak adalah makanan yang terdiri dari aneka lauk atau buah, yang kemudian dituang atau dicocol dengan bumbu. Bumbu tersebut adalah campuran dari  petis ikan khas madura, garam, gula, cabai, kacang tanah, yang kemudian diberikan sedikit air.

Semua bahan tersebut diuleg hingga sedikit kental, dan siap dinikmati. Sensasinya yang gurih dan pedas, bikin keringat keluar di sekujur badan. Hampir di setiap daerah punya rujak khasnya sendiri, seperti di Madura. Tepatnya di Pamekasan, terdapat rujak yang hanya berbahan dasar mentimun untuk ‘lauk’ nya. Rujak tersebut bernama rujak corek. Corek sendiri berarti mengorek-ngorek dalam bahasa Madura. seperti apa keunikannya, baca laporan Makanabis.

Tidak Ada yang Lain 

 Kamu benar-benar hanya menggunakan buah timun saja. Dalam pembuatan bumbunya pun berbeda dengan pembuatan bumbu rujak lainnya. Aturannya adalah tidak boleh ada penambahan air pada pembuatan bumbunya. Hanya menggunakan kacang atau petis ikan dan boleh dicampur dengan buah asam. Karena tidak ditambahkan dengan air, teksturnya menjadi sedikit kasar, tebal dan sangat terasa bumbunya.

Cara membuat dan menyantap yang unik!

Pembuatannya pun sangat unik. Kamu perlu menyiapkan satu buah mentimun, lalu potong ujungnya. Keruk bagian dalamnya hingga berlubang. Kemudian bumbu yang sudah dibuat, akan dimasukkan ke dalamnya, menggantikan isi mentimun. Apakah isi timunnya akan dibuang? Tentu saja tidak. Bagian isian timun juga kerap dicampurkan dan diuleg bersama bumbu petis, sehingga menghasilkan bumbu rujak yang lezat dan segar.

Bagaimana cara menikmatinya? Tidak dipotongi, namun kamu langsung menggigitnya. Persis seperti kamu menggigit roti yang didalamnya terdapat isian selai. Setiap kamu menggigit, bumbu rujak akan keluar atau meleleh. Dipadukan dengan buah mentimun segar, menjadikan rujak ini memiliki rasa yang bikin nagih!

Bagaimana jika bumbunya sudah habis lebih dulu? Kamu tinggal minta tambah ke penjualnya. Selain rasanya yang segar dan lezat, harga kuliner ini pun sangatlah murah. Per porsinya hanya dibanderol sekitar 2000 rupiah. Murah banget, kan? Pasti cocok banget dinikmati ketika cuaca sedang gerah-gerahnya!

Meski kelihatannya sederhana, namun enggak semua orang mampu membuat rujak corek yang nikmat, lho. Sayangnya pula, kamu akan cukup kesulitan untuk menemukan penjual rujak corek. Bahkan penjualnya saja mungkin bisa kamu hitung dengan jari, atau hanya bisa kamu temukan di tempat tertentu.MEEBERIAN GANTI GAYA! Buruan update meeberian dan nikmati tampilan baru Meeberian yang lebih fresh dan responsif. Putri P

 

Article Lainnya


Tips & Trick Memanggang Seafood

Tips & Trick Memanggang Seafood

Seafood adalah sebutan untuk makanan berupa hewan yang ditangkap dan diambil dari laut ataupun hasil...

Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding ontbijtkoek adalah puding berkaramel. Puding berkaramel sangat cocok jika disajikan tepat pes...

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Kali ini makanabis akan mengulas tentang macam-macam appetizer. Jika kalian sering ke pesta, pasti t...

Dialog Nasional Ekonomi Kreatif: “5 Sektor Penentu Pertumbuhan Ekonomi Digital”

Dialog Nasional Ekonomi Kreatif: “5 Sektor Penentu Pertumbuhan Ekonomi Digital”

Kamar Dagang dan Industri Indonesia menyatakan, ekonomi kreatif bakal menjadi penopang utama ekonomi...

JELAJAH