Kembali ke Article

Hekeng, Ngohiong Kalimantan yang Nikmat dan Penuh Gizi

16 Nov 2021 Selera Nusantara
Hekeng, Ngohiong Kalimantan yang Nikmat dan  Penuh Gizi
16 Nov/2021

Akhir-akhir ini sering kita lihat dan baca kabar yang tengah viral,  ibukota negara akan dipindahkan ke Pulau Kalimantan. Tepatnya di kota Kutai hal ini membuat hebohmasyarakat Indonesia. Ada yang mendukung hal ini dan ada juga yang tidaksetuju. Makanabis tak akan ikut berpolemik, karena makanabis sudah komit hanya menyajikan berita seputar kuliner.

 

 

Dan  tahukah anda jika di Kalimantan ada makanan yang enak dan kaya akan gizi.makanan ini biasa disebut dengan hekeng. Makanan ini merupakan makanan khas tionghoa yang berasal dari Kota Pontianak. Hekeng sendiri memiliki kesamaan bentuk  dengan ngohiong Bogor atau kekian khas Semarang. 

Bermacam Kreasi

Awalnyahekeng merupakan lumpia udang. Namun sejarah proses pembuatan yang sudah lama membuat banyak kreasi-kreasi baru bermunculan baik dari segi bentuk, ukuran, kemasan hingga bahan-bahan yang dipergunakan.

Meski sekarang sudah ada hekeng yang halal yang dibuat dari daging sapi, daging ayam, ikan atau murni hekeng vegetarian, untuk saat ini rata-rata produk hekeng yang dikenal masih menggunakan bahan-bahan utama seperti kulit kembang tahu, daging udang, daging babi, lemak babi, bawang bombay, bawang cung, tepung, merica,garam serta bumbu-bumbu lainnya.

 

 

Untuk yang halal atau vegetarian mungkin bisa ditanyakan di toko-toko penjual hekengter dekat. Setelah adonan selesai dibuat, baru dibungkus dengan kulit kembangtahu lalu dikukus hingga matang. Hekeng memiliki ukuran panjang sekitar 25 cm dengan lebar 4,5 cm. 

Untuk penyajian Hekeng biasanya hanya digoreng. Tapi sekarang bisa juga digunakan sebagai tambahan pada menu masakan misalnya capcay atau sup. Karena hekeng rasanya mirip dengan kekian yang juga sering digunakan sebagai tambahan pada menu capcay. Selain rasanya yang nikmat hekeng memiliki Kandungan Gizi, kandungan tersebut ada dalam daging udang. Gizi pada daging udang dalam hekeng merupakan sumber mineral, vitamin, dan protein.

 

 

Karena gizi yang dikandung sangat melimpah maka disarankan untuk dikonsumsi untuk anak-anak. Agar dapat membantu dalam masa pertumbuhan badan dan perkembangan otak. Selain itu juga hekeng memiliki rasa yang disukai oleh anak-anak.  Paskalis Andrew

 

 

 

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH