Kembali ke Article

Hidangan Mewah yang Dulu Dianggap Sampah

25 Aug 2021 Food Story
Hidangan Mewah yang Dulu Dianggap Sampah source : ttm
25 Aug/2021

 

Waktu berjalan dan berganti. Banyak kejadian-kejadian lucu, menggelikan bahkan memprihatinkan dimasa lalu menjadi hal yang biasa dimasa sekarang. Ini juga terjadi di dunia kuliner. Ada beberapa jenis makanan atau hidangan yang dulu dianggap menjijikan, dipandang sebelah mata atau bahkan dibuang berubah menjadi hidangan super mahal di masa sekarang.  

 

 

 

Berikut ini beberapa makanan yang dulu diremehkan kini naik kelas. Dulu makanan ini anggap makanan hewan atau hanya untuk orang-orang miskin, tapi sekarang semua berubah. Dengan pengolahan dan cita rasa yang sempurna beberapa masakan ini menjelma menjadi bukti kekayaan mereka yang menyantapknya, ini dia ulasannya: 

source : otb
source : otb

 

Lobster Si Kecoa Lautan  

 

 

Julukan ini mungkin karena bentuk lobster memang mirip dengan kecoa raksasa. Dulu lobster adalah santapan orang miskin, makanan kucing, umpan  memancing, kadang hanya dijadikan  pupuk tanaman.  Semuanya berubah setelah perang dunia II. Saat Jawatan kereta api Amerika Serikat menghidangkan menu lobster dengan harga yang mahal.   Sejak  itu, lobster naik kelas menjadi makanan para selebriti, pejabat, dan orang kaya.  

source : dug
source : dug

 

Kentang, Dulu Pakan Ternak 

 

Nasib lebih mengenaskan terjadi pada kentang. Makanan satu ini tak lebih hanya dijadikan pakan ternak. Kentang memang bukan tanaman asli Eropa,  dari Amerika latin dibawa  ke Spanyol dan menyebar ke seluruh Eropa. Dulu kentang dianggap beracun hanya diberikan pada hewan ternak.

 

 

 

Namun ketika Antoine Auguste, perwira militer Spanyol meneliti kentang, nasibnya berubah drastis.  Ternyata kentang menyimpan banyak manfaat dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, dari keripik dan makanan pokok. 

source : matcha
source : matcha

 

Sushi, Makanan Sisa

 

 

Orang mengenal sushi sebagai makanan asli Jepang, padahal makanan ini berasal dari China.   Awalnya sushi bukanlah makanan murni, melainkan metode pengawetan makanan agar tetap layak konsumsi.  Orang China  menggunakan beras yang difermentasi untuk menyimpan ikan tetap segar.  Namun setelah dipraktikkan oleh orang Jepang pada  ke-17, mereka malah menjadikan makanan ini sebagai hidangan utama dengan menambahkan   cuka serta beberapa pelengkap lain. Dua abad kemudian sushi terkenal menjadi hidangan nasional Jepang dan dianggap mewah dan mahal harganya.

source : simplemost
source : simplemost

 

Tiram, Makanan Napi

 

 

Seperti halnya lobster, tiram dulu juga dianggap menjijikkan.Oyster atau tiram adalah makanan orang miskin di Inggris pada abad ke-19. Pemerintah memberikan makanan ini pada  tunawisma, narapidana atau dibeli saat sudah terdesak keuangan. Dulu tiram di cap sebagai penyabab diare.  Namun pada pertengahan abad ke-19, tiram menghilang dari perairan Inggris karena pencemaran buah revolusi industri. Sejak saat itu, tiram menjadi langka dan harganya melonjak tajam, dan hanya orang kaya yang mampu membeli dan meyantapnya seperti sekarang ini. 

 

Article Lainnya


Obat Tradisional Berbahan Sirsak, Ambein hingga Kanker, Tuntas!!!

Obat Tradisional Berbahan Sirsak, Ambein hingga Kanker, Tuntas!!!

Hampir seluruh bagian sirsak bermanfaat obat. Daun dan buahnya sangat efektif menjadi obat b...

Sirsak, 10.000 X Lebih Kuat dari Kemoterapi Kanker

Sirsak, 10.000 X Lebih Kuat dari Kemoterapi Kanker

Kabar mengejutkan datang dari lembaga riset di Amerika Serikat. Lebih dari 20 laboratorium y...

‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

Saat makan di warung tradisional, coba perhatikan dengan seksama sekeliling Anda. Ada ...

Sehat Perkasa Modal Telur Bebek

Sehat Perkasa Modal Telur Bebek

Waspada ketika gairah seks mulai meredup. Beberapa penyebabnya antara lain karena tekanan ps...

JELAJAH