Kembali ke Article

Ide Aneka Olahan Daging Lele Layak Jual

10 Sep 2020 Headline Inspirasi
Ide Aneka Olahan Daging  Lele Layak Jual
10 Sep/2020

Masalah klasik yang dialami petani, peternak atau UMKM adalah saat ketersediaan produk berlimpah, maka harga produknya dipastikan anjlok. Entah itu produk pertanian ataupun budidaya, semua mengalami siklus tidak menyenangkan ini. bahkan kadang kendala pemasaran membuat para pelaku usaha ini harus membanting habis harga produk mereka.

 

Makanabis membagi inspirasi untuk mensiasati kondisi tidak menguntungkan ini dengan mengolah melakukan aneka pengolahan produk menjadi produk baru yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Salah satu contoh pengolahan tersebut adalah aneka olahan ikan lele. Mengolah ikan lele menjadi produk olahan daging ikan lele merupakan salah satu cara pemasaran ikan lele yang bisa coba. Ide ini  dapat membuat daya simpan ikan lele menjadi lebih lama, harga jual produk ikan lele yang Anda hasilkan pun lebih tinggi.

Lele Asap

Lele asap merupakan olahan yang menggunakan lele segar. Pengasapan ikan lele ini juga menjadi cara untuk mengawetkan ikan secara tradisional. Olahan lele asap ini banyak penggemarnya karena memiliki cita rasa yang khas.

Dendeng lele

 

Dendeng lele merupakan produk olahan tradisional yang dibaut dari sayatan daging lele yang diberi bumbu dan kemudian dikeringkan. Rasa dendeng lele bisa dibuat menjadi manis, gurih, dan asin. Saat ini sudah banyak UMKM yang melakukan bisnis dan dikemas dengan modern serta memiliki brand yang layak jual.

 

Lele Asin

 

Seperti ikan asin pada umumnya, cara pengawetan ikan lele lainnya adalah penggaraman dan pengeringan. Lele yang sudah kering akan mengalami penyusutan volume sehingga lebih mudah dikemas dan dikirim. Jika dikemas dengan baik, lele kering asin bisa menjadi produk berdaya jual tinggi.

Kerupuk Lele

 

Krupuk lele adalah pengembangan terbaru. Meski krupuk ikan sudah ada sejak dulu, namun kerupuk lele yang diolah dari  daging ikan lele yang  lumat  dan tepung tapioka menyajikan cita rasa luar iasa. Kerupuk ini  sering dijadikan camilan atau makanan pendamping untuk menambah cita rasa gurih.

foto : bombasticborneo
foto : bombasticborneo

Abon lele

 

Jika dulu abon hanya dari daging, saat ini ada pengembangan abon dengan menggunakan daging lele. Abon merupakan lauk pauk yang mudah untuk dikonsumsi dengan rasanya yang gurih. Abon mempunyai daya simpan yang cukup lama sehingga bisa memudahkan Anda untuk pemasaran abon. Selain itu, abon merupakan menu makanan yang sudah sangat familiar di Indonesia. Anda bisa membuat rasa abon yang sesuai dengan selera konsumen.

Krsipi daging lele

 

Rasanya daging ikan lele bisa diolah untuk apa saja. Lele krispi mungkin akan memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen. Lele krispi diolah dengan cara digoreng sehingga teksturnya menjadi renyah dan gurih. Produk olahan ini bisa menggunakan daging atau beserta tulang ikannya juga.

Article Lainnya


7 Waktu Tepat Minum Air

7 Waktu Tepat Minum Air

Cukup minum air setiap hari memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Karena setiap o...

Sejarah Salmon Jadi Favorit Amerika

Sejarah Salmon Jadi Favorit Amerika

Ikan salmon berasal dari ikan jenis marga Salmo dan Oncorhynchus. Kemudian serap...

Buat  yang Belum Tahu Saja! Ini Beda Daging Kambing dan Domba!!!

Buat yang Belum Tahu Saja! Ini Beda Daging Kambing dan Domba!!!

Domba dan kambing, dua hewan yang berbeda, tentu saja karakter dagingnya pun ber...

Korean Bulgogi with Veggie

Korean Bulgogi with Veggie

Bulgogimenu khas Korea berupa olahan daging. Umumnya daging yang digunakan antara lain...

JELAJAH