Kembali ke Article

Ide Daur Ulang Hidangan Lebaran

26 May 2020 Tips n Trick
Ide Daur Ulang Hidangan Lebaran source : TNYT
26 May/2020

Dua hari sudah aneka hidangan Lebaran memenuhi perut.  Ketupat, rendang, opor ayam, semur, gulai dan lainnya, Rasa bosan mulai menghampiri. Hendak masak baru juga tidak memungkinkan, karena hidangan masih cukup banyak. Makanabis.com akan mengulas ide kreatif daur ulang dari menu lebaran.

 


Mengapa harus daur ulang? Karena tidak mungkin kita akan membuang makanan yang masih layak konsumsi. Pengolahan kembali ala ide makanabis.com ini adalah bentuk modifikasi dari menu tersebut dengan hanya memberikan sedikit sentuhan perubahan, hingga menjadi hidangan tak tak kalah nikmat dari hidangan sebelumnya.

Daging atau Empal Goreng

 

Modifikasi olahan ini bisa diambil dari menu rendang. Cara termudahnya adalah dengan langsung menggorengnya, karena dagingnya sudah sangat menyatu dengan bumbu. Atau juga bisa dipukul untuk dipipihkan. Sepintas tampilannya akan seperti daging goreng dengan bumbu kelapa.

Nasi Goreng Rendang

 

Bumbu rendang pasti tersedia dengan sangat melimpah. Jangan langsung buang, bumbu rendang itu bisa diambil untuk dijadikan nasi goreng rasa rendang. Caranya sangat mudah, tumis bumbu rendang dengan sedikit minyak. Setelah harum masukkan nasi dan olah seperti membuat nasi goreng pada umumnya.

Ayam Opor Goreng

 

Opor ayam adalah menu yang sangat berlimpah saat lebaran. Daripada bosan opor ayam dapat dimodifikasi menjadi ayam goreng. Tiriskan opor ayam tersebut dengan sempurna. Sebab bila tidak, kandungan air dalam bumbu santan dapat meletup-letup saat digoreng. Rasa ayam opor goreng ini tidak kalah nikmat dari ayam goreng kalasan.  

Ayam Bakar Opor

 

Ini adalah jenis pilihan lainnya. Selain digoreng, ayam opor ini juga sangat nikmat jika dibakar. Bumbu kuning opor saat dibakar akan menampilkan warna yang sangat indah. Bahkan gosongan bakaran dari bumbu opor yang melekat pada ayam ini juga memiliki rasa yang sangat nikmat.

 

foto: chozanah
foto: chozanah

Balada Telur Opor


Selain ayam, telur rebus banyak dipakai dalam opor. Ubah telur opor ini menjadi hidangan baru, misalnya balado telur. Bersihkan dulu telur rebus dari sisa kuah opor, kemudian buat sambal balado. Setelah menumis sambal balado, Anda hanya tinggal mencampur telur rebus ke dalam tumisan sambal balado.

Sebenarnya masih banyak hidangan lebaran yang dapat dimodifikasi. Ini hanya sebagian kecil dari versi makanabis.com, versi kamu seperti apa? Tulis komen dibawah ini. wsn

 

Article Lainnya


‘Rumus’ Jus dan Smoothie

‘Rumus’ Jus dan Smoothie

Menggabungkan bahan makanan menjadi tren tersediri beberapa tahun terakhir ini. Dunia kuline...

Sekilas Laksa

Sekilas Laksa

Sampai saat ini masih belum jelas asal usul laksa. Makanabis.com mendapati ada ada tiga teor...

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

Mungkin kita sering bertanya mengenai mana yang lebih baik: juicer atau blender? Mana yang lebih mem...

Som Tum Rujak Khas Thailand

Som Tum Rujak Khas Thailand

Berbicara rujak atau salad maka yang muncul di pikiran adalah hidangan yang berisi sayuran d...

JELAJAH