Kembali ke Article

Ikan Salmon, dari Norwegia Populer di Jepang

13 Jun 2020 Food Story
Ikan Salmon, dari Norwegia Populer di Jepang Image source : cerpen.co.id
13 Jun/2020

Ikan salmon adalah ikan yang mengandung asam lemak omega 3, protein, dan vitamin yang tinggi. Sehingga, ikan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak manusia, meningkatkan kesehatan tulang, mengontrol berat badan dan tekanan darah, serta mengurangi risiko terserang stroke. Ikan ini saat ini sangat identik dengan Negara Jepang. Hal ini disinyalir karena banyaknya makanan Jepang yang menjadikan ikan salmon sebagai salah satu bahan dasarnya, seperti sushi dan sashimi. Namun, makanabis menemukan fakta lain tentang awal mula ikan salmon yang ternyata bukan berasal dari perairan Jepang.

 

Ikan salmon pertama kali dibudidayakan di perairan Norwegia. Ikan ini lahir di perairan tawar dan bermigrasi ke laut, lalu kembali ke air tawar untuk berkembang biak. Meskipun sektor perikanan Norwegia pada tahun 1970an sedang berjaya, namun penjualan ikan salmon masih terbilang kecil. Akhirnya, pada tahun 1985 tamu kenegaraan asal Jepang yang sedang berkunjung di kantor Keduataan Besar Norwegia untuk Jepang diberi jamuan berupa makanan yang berbahan dasar ikan salmon. Diluar dugaan, mereka ternyata sangat menyukai sajian tersebut. Melihat hal ini, pemerintah Norwegia serius ingin memasuki pasar Jepang dengan ikan salmonnya.

Image source : femina.co.id
Image source : femina.co.id

Awal mula ikan salmon memasuki pasar Jepang sangat tidak mudah karena masyarakat Jepang masih sangat  menyukai ikan tuna dan selain itu, ikan salmon dari Pasifik saat itu dipercaya tidak begitu aman dikonsumsi. Untuk meyakinkan warga lokal, pemerintah Norwegia butuh waktu bertahun-tahun, seperti membuat strategi pemasaran khusus untuk kelas menengah ke atas hingga mendekati para chef terkenal untuk memasarkan ikan salmon secara perlahan. Akhirnya memasuki masa kejayaan Jepang pada tahun 80-90an, pemerintah Norwegia memperpendek rute pengiriman agar ikan salmon tetap segar saat tiba di Jepang.

 

 

Kondisi perekonomian masyarakat Jepang yang semakin membaik dan kualitas ikan salmon dari Norwegia yang semakin ditingkatkan membuat ikan salmon perlahan dilirik. Karena gizi yang tinggi dan rasa yang sangat lezat, ikan salmon akhirnya menjadi favorit masyarakat Jepang. Hingga kini, ikan salmon banyak dijumpai di berbagai makanan Jepang dan sangat mendunia bersamaan dengan budaya Jepang yang semakin dikenal berbagai negara.

Inas

Article Lainnya


‘Rumus’ Jus dan Smoothie

‘Rumus’ Jus dan Smoothie

Menggabungkan bahan makanan menjadi tren tersediri beberapa tahun terakhir ini. Dunia kuline...

Jus VS Smoothie, Pilih Mana??

Jus VS Smoothie, Pilih Mana??

Setelah mengulas plus minus alat pengolah buah dan sayuran, kini makanabis.com kembali akan ...

Sekilas Laksa

Sekilas Laksa

Sampai saat ini masih belum jelas asal usul laksa. Makanabis.com mendapati ada ada tiga teor...

Som Tum Rujak Khas Thailand

Som Tum Rujak Khas Thailand

Berbicara rujak atau salad maka yang muncul di pikiran adalah hidangan yang berisi sayuran d...

JELAJAH