Kembali ke Article

Ikan Tongkol Bikin Gatal? Ini Penjelasannya

14 Aug 2020 Healthy Food Ragam
Ikan Tongkol Bikin Gatal? Ini Penjelasannya
14 Aug/2020

Orang Indonesia sangat akrab dengan menu berbahan ikan tongkol. Karena habitat hidup ikan ini beradara di perairan dangkal seperti di Indonesia. Ikan dengan daging berwarna putih kehitaman sering juga disebut ikan tuna kecil.

 

 

Menurut berbagai literatur yang berhasil makanabis kumpulkan, ikan tongkol kaya akan protein dan asam lemak yang baik untuk tubuh. Selain itu juga mengandung vitamin, mineral dan senyawa organik yang semuanya berperan penting bagi kesehatan. Kandungan protein, vitamin dan mineral pada ikan tongkol dapat membantu menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung dan stroke. 

 

Sayangnya,  banyak orang yang enggan mengkonsumsi ikan tongkol karena takut alergi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Apa penyebabnya? Makanabis berhasil mendapatkan  penjelasan ilmiahnya mengapa ikan tongkol dapat menyebabkan alergi.

 

 

Protein Tinggi

 

Kandungan protein pada ikan tongkol sekitar 30 gram per onsnya, lebih tinggi dari kandungan protein pada udang galah yang hanya sekitar 25 gram,  dengan porsi yang sama. Inilah yang menjadi salah satu penyebab alergi, mengingat tidak semua orang toleran terhadap sumber protein tinggi. Selain ikan tongkol, penyebab alergi lainnya juga berasal dari kacangan-kacangan dan udang-udangan.

 

Menyerap Merkuri

Merkuri merupakan zat yang berbahaya bagi manusia. Ikan tongkol termasuk jenis ikan yang paling mudah menyerap merkuri. Hal ini juga didasari dari tercemarnya air laut oleh zat tersebut. Kandungan merkuri pada air laut kemudian terikat oleh kandungan protein pada ikan tongkol, sehingga merkuri menetap pada tubuh ikan. Tidak hanya menyebabkan alergi, terpapar merkuri yang cukup tinggi juga dapat mengancam jiwa.

 

 

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH