Kembali ke Article

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

28 Dec 2020 Khasiat
Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah foto : media indonesia
28 Dec/2020

Jahe  memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya, jahe merah memiliki ukuran lebih kecil, lebih pedas, dan identik sebagai bahan minuman dan bahan obat.

 

 

 

Jahe merah kaya akan kandungan  seperti shogaol, gingerol, zingeron, dan masih banyak lagi. Lengkapnya zat aktif yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, tak heran manfaat jahe merah. Nutrisi dan senyawa bioaktif bermanfaat kuat untuk tubuh dan otak. 

foto : candle sience
foto : candle sience

Mengobati Mual

 

Manfaat jahe merah baik untuk mengobati berbagai jenis mual perut. Makan melansir National Center for Biotechnology Information atau  NCBI, dapat meredakan mual dan muntah setelah operasi, serta pasien kanker pasca  menjalani kemoterapi. Saat awal kehamilan,  rasa mual  seperti morning sickness dapat dihilangkan dengan membuat ramuan dengan bahan jahe merah.

 

 

Antioksidan

 

Jahe merah memiliki senyawa antioksidan alami. Antioksidan bermanfaat dalam melindungi sel-sel tubuh, dari kerusakan akibat radikal bebas.Radikal bebas bisa menimbulkan berbagai penyakit. Misalkan penyakit kardiovaskular, rheumatoid arthritis, penuaan dini, rambut rontok, katarak dan kanker.

foto : tribun
foto : tribun

Mengatasi Nyeri Haid

 

Manfaat jahe merah dapat meringankan  nyeri haid. Baik menjelang menstruasi, hingga selesai masa. Selain meminum ramuan jahe merah dan madu, ada pula krim yang telah diuji coba oleh para ahli. Krim berbagan jahe merah tersebut akan mengatasi nyeri haid, saat dioleskan pada bagian abdomen.

 

 

Mengurangi Nyeri

 

Penelitian yang diterbitkan NCBI membuktikan, mengonsumsi 2 gram jahe per hari, selama 11 hari, secara signifikan mengurangi nyeri otot. Jahe merah sangat efektif untuk mengurangi perkembangan nyeri otot sehari-hari secara bertahap. Efek ini diyakini dimediasi oleh sifat anti-inflamasi. Termasuk nyeri otot akibat olahraga.

 

 

Jaga Kesehatan Pencernaan

 

Manfaat jahe merah  selanjutnya baik untuk mencegah radang usus. komponen aktif zingeron pada jahe merah dapat menghambat enzim pemicu radang pencernaan. Sehingga baik pula untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

 

 

 

 

 

Article Lainnya


Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

Tak Hanya Menyegarkan,  Ini  Manfaat Cincau Hijau

Tak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Cincau Hijau

Cincau hijau, ada dua jenis daun. Pertama, yaitu tanaman cincau hijau menjalar atauCyclea barb...

JELAJAH