Kembali ke Article

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

28 Dec 2020 Khasiat
Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah foto : media indonesia
28 Dec/2020

Jahe  memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya, jahe merah memiliki ukuran lebih kecil, lebih pedas, dan identik sebagai bahan minuman dan bahan obat.

 

 

 

Jahe merah kaya akan kandungan  seperti shogaol, gingerol, zingeron, dan masih banyak lagi. Lengkapnya zat aktif yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, tak heran manfaat jahe merah. Nutrisi dan senyawa bioaktif bermanfaat kuat untuk tubuh dan otak. 

foto : candle sience
foto : candle sience

Mengobati Mual

 

Manfaat jahe merah baik untuk mengobati berbagai jenis mual perut. Makan melansir National Center for Biotechnology Information atau  NCBI, dapat meredakan mual dan muntah setelah operasi, serta pasien kanker pasca  menjalani kemoterapi. Saat awal kehamilan,  rasa mual  seperti morning sickness dapat dihilangkan dengan membuat ramuan dengan bahan jahe merah.

 

 

Antioksidan

 

Jahe merah memiliki senyawa antioksidan alami. Antioksidan bermanfaat dalam melindungi sel-sel tubuh, dari kerusakan akibat radikal bebas.Radikal bebas bisa menimbulkan berbagai penyakit. Misalkan penyakit kardiovaskular, rheumatoid arthritis, penuaan dini, rambut rontok, katarak dan kanker.

foto : tribun
foto : tribun

Mengatasi Nyeri Haid

 

Manfaat jahe merah dapat meringankan  nyeri haid. Baik menjelang menstruasi, hingga selesai masa. Selain meminum ramuan jahe merah dan madu, ada pula krim yang telah diuji coba oleh para ahli. Krim berbagan jahe merah tersebut akan mengatasi nyeri haid, saat dioleskan pada bagian abdomen.

 

 

Mengurangi Nyeri

 

Penelitian yang diterbitkan NCBI membuktikan, mengonsumsi 2 gram jahe per hari, selama 11 hari, secara signifikan mengurangi nyeri otot. Jahe merah sangat efektif untuk mengurangi perkembangan nyeri otot sehari-hari secara bertahap. Efek ini diyakini dimediasi oleh sifat anti-inflamasi. Termasuk nyeri otot akibat olahraga.

 

 

Jaga Kesehatan Pencernaan

 

Manfaat jahe merah  selanjutnya baik untuk mencegah radang usus. komponen aktif zingeron pada jahe merah dapat menghambat enzim pemicu radang pencernaan. Sehingga baik pula untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

 

 

 

 

 

Article Lainnya


5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

Sejak lama, jeruk purut dimanfaatkan tak hanya buah tapi juga daunnya. Yang paling sering pe...

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

JELAJAH