Kembali ke Article

Ini Beda Caisim dan Pakcoy

28 Aug 2020 Headline Ragam
Ini Beda Caisim dan Pakcoy
28 Aug/2020

Awalnya, sayuran ini sangat populer di kawasan Tiongkok, namun kemudian menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Jenis sayuran ini mudah tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Bila ditanam pada suhu sejuk tumbuhan ini akan cepat berbunga. Semua bagian tubuhnya dapat dimanfaatkan kecuali bagian akarnya.

 

 

Sifatnya yang mudah layu dan berubah warna, membuat sawi tidak bisa dimasak dalam waktu yang lama. Biasanya dimasukkan diakhir proses atau hanya dibuat penghias makanan. Dalam catatan Makanabis ada dua jenis sawi yang umum digunakan, yakni Caisim atau sawi hijau dan Pakcoy atau sawi sendok. 

Sawi Hijau atau Caisim

Caisim atau sayur sawi hijau memiliki tekstur yang halus, tidak berbulu, dan tidak mampu membentuk krop atau telur. Tangkai daunnya panjang, langsing, dan berwarna putih kehijauan. Sedangkan bentuk daunnya yaitu lebar memanjang, tipis, dan berwarna hijau.

 

 

Sawi hijau memiliki rasa yang sedikit pahit namun renyah dan segar saat dimakan. Caisim merupakan jenis sayuran sawi yang sering ditemukan di pasar. Biasanya, caisim digunakan sebagai sayuran tambahan untuk hidangan mie instan.  Dalam 56 gram (1 cangkir) caisim terdapat 15 kalori, 2 gr protein, kurang dari 1 gr lemak, 3 gr karbohidrat, 2 gr serat, 1 gr gula, 9% vitamin A, 6% vitamin B6, 44% vitamin C, 8% vitamin E, dan 120% vitamin K.   

Sayur Sawi Sendok (Pakcoy)

Pakcoy atau yang biasa disebut dengan sayur sawi sendok. Tangkai daun pakcoy lebih lebar menyerupai sendok. Teksturnya sama seperti sawi hijau, hanya saja batangnya lebih keras. Selain itu, sama halnya dengan caisim, pakcoy juga menyimpan begitu banyak kebaikan untuk tubuh.

 

 

Dalam 100 gr pakchoy terdapat 13 kalori, 65 mg sodium, 252 mg potasium, 2,2 gr karbohidrat (termasuk gula dan juga serat), 1,5 gr protein, 89% vitamin A, 75% vitamin C, 10% kalsium, 4% zat besi, 10% vitamin B6, dan 4% magnesium. 

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

Akhirnya, Daging Imitasi Dijual Di Pasaran

Akhirnya, Daging Imitasi Dijual Di Pasaran

Startup asal Israel, Redefine Meat, berhasil menciptakan ‘daging’ berbahan dasar...

JELAJAH