Kembali ke Article

Jaga Kesehatan dengan Makanan Probiotik dan Prebiotik

25 Jun 2020 Healthy Food
Jaga Kesehatan dengan Makanan Probiotik dan Prebiotik
25 Jun/2020

 

Pola hidup zaman modern makin menuntut manusia untuk hidup sehat. Hal ini karena banyak sekali pola atau bahan makanan yang tak sehat masuk ke dalam tubuh. Banyak sekali masalah kesehatan berawal dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

 

Dan sejak 50 tahun terakhir sebenarnya sudah muncul pembahasan mengenai jenis makanan yang sehat untuk pencernaan manusia. Dalam referensi makanabis.com, pola ini menjabarkan mengenai makanan probiotik atau prebiotik. Pola makanan sehat ini sangat penting, karena dari  makanan dan minuman seluruh nutrisi manusia didapatkan.

 

 

 

Lantas apa Apa itu probiotik dan prebiotik? Probiotik adalah Bakteri hidup dan banyak terkandung pada makanan atau minuman tertentu. Bakteri ini berjenis bakteri baik karena bisa memberikan manfaat untuk tubuh bukan bakteri patogen yang menyebabkan gangguan kesehatan.

 

Sementara prebiotik adalah, makanan yang sebagian besar kandungannya serat, tapi tidak dicerna oleh tubuh atau serat tidak larut. Serat ini adalah makanan untuk bakteri baik yang ada di dalam usus. Saat mengonsumsi makanan dengan kandungan probiotik dan prebiotik, ada baiknya yang jumlahnya seimbang. Dengan jumlah seimbang, kita akan mendapatkan banyak manfaat dan tidak ada gangguan dengan jumlah bakteri baik di dalam usus.

 

Bakteri baik di dalam usus justru menjaga sistem pencernaan dari jamur hingga bakteri lain yang masuk dari luar atau makanan. Dampaknya, saluran cerna akan sulit untuk ditembus. Bakteri yang ada didalam usus juga memberikan sinyal kepada sistem kekebalan tubuh jika  terjadi masalah seperti Infeksi dari bakteri lain. Beberapa jenis bakteri yang ada di dalam usus juga menghasilkan asam lemak rantai pendek dan vitamin K. Dua nutrisi ini sama-sama bermanfaat untuk tubuh meski jarang sekali dibicarakan.



 

Makanan Probiotik

 

Makanan yang mengandung bakteri hidup jumlahnya ada banyak. Bakteri baik ini akan memberikan manfaat yang besar termasuk menurunkan berat badan. Berikut beberapa jenis makanan kaya kandungan probiotik.

Yoghurt dan olahannya

Kimchi dan olahannya

Kombucha teh fermentasi

Kefir

Fermentasi sayuran lain sejenis acar

Tempe

 

 

 

Makanan Prebiotik

 

Makanan dengan kandungan prebiotik baik untuk makanan bakteri, seperti:

Kacang-kacang

Biji-bijian

Polong-polongan

Oat dan olahannya

Pisang dan buah yang mengandung serat tidak larut lainnya

Aneka buah beri

Asparagus

Bawang putih

Bawang merah

Daun bawang

Makanan dengan kandungan serat tidak larut lainnya.

 

 

Makanan yang disebutkan di atas sebagian besar sudah banyak kita konsumsi sehari-hari. Namun, kita kerap tidak menyadarinya. Setelah mengetahui makanan di atas, coba lakukan variasi pengolahan agar selalu mendapatkan makanan enak dan sehat. Selain itu jangan makan berlebihan karena bisa memicu kembung dan kentut berlebihan. 

Article Lainnya


‘Rumus’ Jus dan Smoothie

‘Rumus’ Jus dan Smoothie

Menggabungkan bahan makanan menjadi tren tersediri beberapa tahun terakhir ini. Dunia kuline...

Sekilas Laksa

Sekilas Laksa

Sampai saat ini masih belum jelas asal usul laksa. Makanabis.com mendapati ada ada tiga teor...

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

Mungkin kita sering bertanya mengenai mana yang lebih baik: juicer atau blender? Mana yang lebih mem...

Som Tum Rujak Khas Thailand

Som Tum Rujak Khas Thailand

Berbicara rujak atau salad maka yang muncul di pikiran adalah hidangan yang berisi sayuran d...

JELAJAH