Kembali ke Article

Jajan Pasar Khas Pulau Dewata Bali, Cobain Yuk!

21 Nov 2019 Ragam
Jajan Pasar Khas Pulau Dewata Bali, Cobain Yuk! foto:www.kintamani.id
21 Nov/2019

Kalau lagi berlibur ke Pulau Bali, jangan hanya foto-foto di pantai atau tempat instagramable lainnya. Mampirlah juga untuk mencicipi kuliner khas Bali, terutama jajanan pasarnya. Lebih banyak yang tahu jika sate lilit ataupun babi guling adalah makanan khas di Bali. Bagaimana dengan jajanan pasarnya? Nih, Makanabis kasih bocorannya!

foto:kooliner
foto:kooliner

Pisang rai

 

Bentuknya mengingatkan kita akan klepon, namun ketika digigit berisi buah pisang. Pisang rebus dibalut dengan tepung beras, kemudian dipotong-potong dan diberi kelapa parut. Tepung beras sebagai balutannya biasanya berwarna hijau maupun putih. Selain itu, ada juga yang mengonsumsinya dengan kinca gula merah. Rasanya? Manis dan juga gurih. Dibanding pisang goreng, tentu ini lebih sehat karena pisang diolah dengan cara direbus.

foto: travelingyuk
foto: travelingyuk

Laklak

Bentuknya seperti surabi tapi versi bali. Turis menyebutnya sebagai pancake khas bali. Dibandingkan surabi, ukuran laklak lebih kecil. Ukurannya kurang lebih sebesar telapak tangan anak kecil. Biasanya laklak berwarna hijau muda, namun ada juga yang berwarna putih. Warna hijau didapat dari pewarna alami, yaitu dibuat dari daun suji. Laklak biasa disajikan dengan parutan kelapa dan juga gula merah cair.

foto:baligetaway
foto:baligetaway

Jaje Injin

Cara membuatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan ketan hitam dan ketan putih, kemudian direndam dalam air selama 2 jam lalu sisihkan. Langkah selanjutnya adalah kukus ketan di dalam dandang panas hingga empuk. Lalu, tuangkan larutan garam, dan jangan lupa mengaduknya hingga rata dan biarkan air meresap  ke dalam ketan. Kembali kukus ketan selama kurang lebih 30 menit lalu angkat. Ketan kukus siap disajikan dengan saus gula plus kelapa parut.

Sumping

Ini merupakan kue yang cukup unik. Kue yang dikukus ini terbuat dari tepung beras yang berisi buah didalamnya, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Isian buahnya bisa bermacam-macam, mulai dari pisang, labu, kelapa muda, kacang merah dan sebagainya. Daun pisangnya membuat aromanya menjadi wangi!

foto:kintamani.id
foto:kintamani.id

Jaja Godoh

Berbahan dasar pisang, jaja godoh ini disebut pisang goreng khas Bali. Pisang yang biasa digunakan adalah jenis pisang kepok. Enggak hanya dikonsumsi begitu saja, biasanya dituangkan gula merah cair diatasnya plus parutan kelapa. Teksturnya tentu crispy dan terasa manis. Makanabis jadi penasaran sama rasanya, nih. Apa bedanya sama pisang goreng yang biasa kita cicipi ya?

foto:kulkulbali
foto:kulkulbali

Kaliadrem

Jajanan tradisional Bali lainnya yang bercita rasa manis adalah kaliadrem. Berbentuk segitiga, dengan beberapa lubang di permukaannya dan taburan wijen diatasnya. Kue ini biasa dijadikan sebagai pelengkap sajian di upacara hari raya Galungan. Bahan dasar pembuatannya adalah tepung beras, gula merah, dan Kelapa parut. Teksturnya sendiri sedikit liat.

foto:idntimes
foto:idntimes

Bendu

Katanya ini adalah ikon jajanan khas Bali Barat, lho. Berbahan dasar tepung ketan, cara membuatnya sama seperti ketika membuat telur dadar. Tepung ketan langsung di tuang diatas teflon yang panas. Jajanan ini kemudian dibalut dengan daun pisang dan disematkan dengan bilahan bambu di bagian ujungnya. Kamu bisa menemukan jajanan ini dengan mudah di pasar tradisional Bali. Jadi penasaran pengen cobain, kan? Kalau yang sudah pernah cobain, apa jajanan favorit kamu?  Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian.Putri P

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

Akhirnya, Daging Imitasi Dijual Di Pasaran

Akhirnya, Daging Imitasi Dijual Di Pasaran

Startup asal Israel, Redefine Meat, berhasil menciptakan ‘daging’ berbahan dasar...

JELAJAH