Kembali ke Article

Jajan Tradisional, Dessert Ala Indonesia

21 Oct 2019 Selera Nusantara
Jajan Tradisional,  Dessert Ala Indonesia kue rangin, foto:ridhoadhie
21 Oct/2019

Dessert adalah sebutan untuk makanan atau minuman yang disajikan untuk menutup rangkaian makan alias hidangan penutup atau pencuci mulut. Biasanya dessert ini memiliki rasa yang manis, yang memiliki cita rasa yang kontras dengan main course. Beberapa dessert di luar negeri, seperti apple pie, gelato ataupun mochigome. Bagaimana dengan di Indonesia? Ada beberapa jajanan tradisional yang menurut Makanabis, bisa banget dijadikan dessert ala Indonesia.

gurih manis penuh cita rasa, foto:bonvoyagejogja
gurih manis penuh cita rasa, foto:bonvoyagejogja

Martabak manis

Di beberapa tempat disebut dengan terang bulan. Toppingnya bisa bermacam-macam, sesuai seleramu. Mulai dari rasa mainstream seperti keju atau cokelat hingga rasa yang lebih kekinian, seperti green tea atau hazelnut. Rasanya yang manis, cocok banget dijadikan sebagai makanan penutup. Makan satu atau dua potong saja sudah kenyang!

tak ada naga di nagasari, foto: ist
tak ada naga di nagasari, foto: ist

Nagasari

Jajanan berisi pisang ini memiliki rasa yang manis dan legit. Dibungkus dengan daun pisang, lalu kamu harus mengupasnya untuk bisa memakannya. Isiannya berwarna putih yang didalamnya terdapat potongan pisang utuh. Kamu bisa menemukannya dengan mudah dipasar tradisional.

kenyal dan manis saat dipadu dengna gula jawa, foto:ist
kenyal dan manis saat dipadu dengna gula jawa, foto:ist

Putu Mayang

Bentuknya keriting seperti kerupuk dan memiliki tekstur yang kenyal. Cara memakannya adalah dengan menuangkan kuah gula merah yang kental. Rasanya? Sangat legit, dan cocok sebagai hidangan penutup. Warnanya yang beragam membuatnya terlihat sangat menarik.

renyah dan manis dipingir, foto:tempo
renyah dan manis dipingir, foto:tempo

Kue Ape

Disebut juga dengan kue tete. Berwarna hijau yang cantik dan membuat kita tertarik mencicipinya. Bagian pinggirannya tipis, renyah dan berwarna kecokelatan. Sedangkan bagian tengahnya sedikit tebal berwarna hijau. Aroma pandannya semakin membuat jajanan ini pas untuk dessert.

pukis keju istimewa, foto:selerarasa
pukis keju istimewa, foto:selerarasa

Pukis Keju

Rasanya yang manis berpadu dengan isiannya seperti keju, kacang, kismis, atau cokelat. Bentuk pukis adalah oval atau seperti bentuk lemon, dimana bagian atasnya berwarna kecokelatan dan sisi satunya lagi atau bagian belakang kuning.

foto:ist
foto:ist

Lapis legit

Sesuai namanya, kue ini memiliki banyak sekali lapisan. Sesuai namanya juga, kue ini memiliki rasa yang legit. Memakan satu hingga tiga potong, sudah cukup mengenyangkan. Lapis legit berwarna kuning dengan garis lapisan layer berwarna kecokelatan.

foto:idntimes
foto:idntimes

Pisang goreng

Salah satu jenis gorengan yang cocok untuk dessert adalah pisang goreng. Meskipun ada sedikit rasa gurih, namun rasa manis dari pisang yang akan dominan. Dicocol dengan saus sambal, lebih nikmat. Inilah dessert ala Indonesia yang sebenarnya. Betul? Hihihi

foto:resepcaramemasak
foto:resepcaramemasak

Bika Ambon

Kue yang tidak berasal dari ambon ini memiliki rasa yang legit. Teksturnya cenderung kenyal dan bantet. Berwarna kekuningan, dengan bagian atas dan bawahnya berwarna kecokelatan. Ini merupakan jajanan khas Medan.

foto:ist
foto:ist

Klepon

Bola-bola berwarna kehijauan yang dilumuri dengan parutan kelapa, dan memiliki isian berupa gula merah cair. Rasa gula merah serta parutan kelapanya, membuat cita rasa klepon sangat manis. Cocok banget untuk jadi makanan penutup. Biasanya disajikan dengan putu. Hampir sama, namun tekstur klepon lebih kenyal.

Kalian setuju enggak, kalau makanan tradisional di atas didapuk menjadi dessert khas Indonesia? Kamu punya saran jajanan tradisional lainnya? Tulis komentarmu di bawah, ya! Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 70%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri P

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

5 Tips Agar Mata Tak Merah  Saat Memotong  Bawang Merah

5 Tips Agar Mata Tak Merah Saat Memotong Bawang Merah

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebaga...

Sisi  Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Sisi Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Ada hal yang menarik di dalam dunia kuliner. Ternyata beberapa jenis hantu justru taku...

JELAJAH