Kembali ke Article

Jajanan Sekolahan Berbahan Dasar Telur

20 Jan 2020 Ragam
Jajanan Sekolahan  Berbahan Dasar Telur Sumber : food.detik.com
20 Jan/2020

Bagi sebagian orang, salah satu hal yang paling dirindukan saat masa sekolah adalah jajanan yang biasa menemani saat jam istirahat tiba. Jajanan-jananan tersebut biasa dijual di kantin-kantin atau gerobak depan sekolah. Dengan bermodalkan uang saku sekolah yang terbilang sedikit, cita rasa jajanan ini tak kalah dengan makanan di restoran mewah. Jajanan yang berbahan dasar telur misalnya, bisa didapatkan dengan harga yang murah meriah namun untuk cita rasa sudah tidak bisa diragukan lagi. Oleh karenanya, Makanabis akan mengulik semua jajajanan depan sekolah kamu yang berbahan dasar telur.

Telur Gulung

Telur gulung adalah jajanan berbahan dasar yang digoreng dan melilit tusukan kayu. Karena telur yang digoreng kemudian digulung melingkari tusukan kayu mirip seperti sate,  maka jajanan ini disebut telur gulung. Selain disajikan tanpa isian, tak jarang banyak yang menambahkan isian didalamnya, seperti bihun maupun sosis. Telur gulung dijual dengan harga Rp 1.000 sampai Rp 3.000 per tusuk. 

Salome Goreng

Salome goreng merupakan jajanan yang berbahan dasar telur dengan isian berupa cilok atau salome. Berbeda dengan telur gulung, bentuk salome goreng bulat karena digoreng di wajan pencetak yang berbentuk bulatan kecil. Salome goreng juga populer dengan nama 'pentol korea'. Saus tomat atau balado juga biasa ditambahkan saat menikmati salome goreng.

Telur Pingpong

Telur pingpong memiliki kemiripan dengan salome goreng dari segi bentuk. Bentuknya yang mirip bola pingpong membuatnya dinamai telur pingpong. hanya saja perbedaannya terletak pada isiannya. Jajanan khas Yogyakarta ini biasanya memiliki isian sayuran yang dipotong kecil-kecil, bahkan di beberapa daerah telur pingpong disajikan tanpa isian. 

 

 

Dikarenakan harga bahan-bahan jajanan tersebut sangat terjangkau, maka siapapun pasti bisa membuatnya sendiri di rumah. Tapi kamu harus menguasai teknik memasaknya ya, agar bentuknya jadi beraturan seperti yang diharapkan. Horay tahun baru, makan enak jajan terooosss! Selama sebulan kedepan kalian bisa hemat makan enak di Food Junction Grand Pakuwon Surabaya pakai meeberian. Dapetin diskon makan hingga 69% dengan memesan makananmu pakai aplikasi meeberian, yuk buruan download sekarang di hapemu! Inas Rifqia

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH