Kembali ke Article

Jajanan Malaysia yang Mirip dengan Jajanan Indonesia

22 Oct 2019 Ragam
Jajanan Malaysia yang Mirip dengan Jajanan Indonesia
22 Oct/2019

Sebagai negara yang bertetangga, enggak heran jika kuliner Indonesia dan juga kuliner Malaysia memiliki kemiripan. Beberapa jajanan Malaysia ini mirip banget dengan jajanan Indonesia. Kira-kira apa aja ya jajanannya? Baca laporan makanabis berikut ini: 

Apam Balik

Apakah kamu berpikir jika kue ini termasuk kue apem khas Indonesia. Bukan, lho. Jajanan khas Malaysia ini merupakan martabak manis atau terang bulan jika di Indonesia. Di Malaysia situ, apam balik termasuk pancake tradisional dimana bagian tengahnya ditaburi dengan gula ataupun kacang. Akan tetapi, sekarang isiannya sudah lebih bervariasi seperti isian pada martabak manis Indonesia. Bentuknya hampir mirip, hanya saja apam balik terlihat lebih bantet dan cenderung seperti pancake.

Kek Lapis Serawak

Jika di Indonesia disebut lapis legit, maka di Malaysia disebut Kek lapis Sarawak. Memiliki banyak layer, namun warnanya beragam seperti rainbow cake. Berbeda dengan lapis legit Indonesia yang layernya berwarna kuning dan cokelat. Bentuknya pun tidak hanya kotak seperti lapis legit, namun bisa berbentuk bulat bahkan hati. Mungkin ini menjadi jajanan favorit anak-anak di Malaysia. Menarik banget untuk dicoba!

Karipap Pusing

Nama jajanannya unik, ya? Ini adalah pastelnya Negara Malaysia. Memiliki isian berupa daging, kentang dan juga bumbu kari. Tentu ini berbeda dengan isian pastel Indonesia seperti wortel, kentang, telur, dan cacahan daging, Kulitnya pun berbeda. Kulit kue karipap pusing ini terdapat motif berbentuk seperti pusaran. Unik banget, ya?

Cucur Udang

Kangen bakwan udang ketika berkunjung ke Malaysia? Kamu bisa membeli jajanan bernama cucur udang disana. Jangan dibayangkan jika bentuknya seperti kue cucur Indonesia yang warnanya cokelat, lho. Bentuknya persis seperti bakwan, dengan udang utuh di tengahnya. Meskipun begitu, keduanya memiliki sedikit perbedaan. Jika bakwan udang terlihat pipih, maka cucur udang terlihat agak ‘gendut’. Cucur udang dikonsumsi dengan dicolek ke saus tomat.

Murtabak

Ada juga yang menyebut mutton martaba tanpa huruf K. Mirip sekali dengan martabak telur khas Indonesia. Akan tetapi, murtabak ini memiliki isian berupa daging kambing. Berbeda dengan martabak telur Indonesia yang berisi daging ayam atau sapi cincang dan sayuran. Psst, selain menjadi kuliner khas Malaysia, kuliner ini juga menjadi makanan khas Singapura.

Gimana, serupa tapi tak sama kan? Kamu tertarik mencoba makanan Indonesia versi Malaysia, enggak? Hehehe

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

Akhirnya, Daging Imitasi Dijual Di Pasaran

Akhirnya, Daging Imitasi Dijual Di Pasaran

Startup asal Israel, Redefine Meat, berhasil menciptakan ‘daging’ berbahan dasar...

JELAJAH