Kembali ke Article

Jalan Pajang Nasi Lemang

13 Jun 2020 Food Story Headline
Jalan Pajang Nasi Lemang foto; baranom
13 Jun/2020

Adalah Ida Pfeiffer yang melaporkan adanya kuliner lemang saat ia melakukan perjalanan ke e Tanah Batak. Laporan ini ditulis pada 12 Oktober 1852 yang kemudian diterbitkan pertama kali oleh koran Algemeen Handelsblad edisi 09-05-1853 di Batavia.

 

Di dalam kisah itu Ida Pfeiffer menulis secara rinci bagamana metode memasak beras menjadi nasi ini sebagaimana dikatakannya sendiri: “Saya melihat mereka mempersiapkan beras dalam cara yang sama sekali baru bagi saya” tulisnya.

 

Setelah sekian lama baru muncul nama penganan yang disebut lemang di koran Sumatra courant: nieuws- en advertentieblad, 05-04-1873. Selanjutnya di dalam koran Sumatra-courant : nieuws- en advertentieblad, 18-05-1880 dimuat sebuah surat oleh seorang Belanda dari Padang Pandjang yang menceritakan di daerah Kotta Lawas dimana para penduduk diminta mengumpulkan bahan makanan yang diantaranya lemang, pisang, beras, dan lain-lain yang lalu diangkut dengan seisi pedati penuh.

 

Informasi lainnya ditemukan suatu frase di dalam koran Het nieuws van den dag voor Nederlandsch-Indièˆ, 18-12-1900 yang menceritakan bahwa ketika seorang pejabat Belanda di Bengcoelen mengunjungi pesta pernikahan: “Kami dijamu di suatu ruangan, di atas meja disajikan kue-kue, termasuk lemang yang ditaruh di dalam bambu yang telah dibakar. Makanan ini tampaknya merupakan kepala kue (kemungkinan yang dimaksudkan adalah hidangan spesial.red)’.

Ida Pfeiffer, penjelajah wanita pertama yang berhasil memasuki Nusantara.
Ida Pfeiffer, penjelajah wanita pertama yang berhasil memasuki Nusantara.

Ida Pfeiffer, kelahiran Austria yang memiliki keinginan yang kuat untuk melancong dan membuat perjalanan ke tempat-tempat yang eksotik dan memiliki tantangan sendiri secara sendirian.  Ida memulai perjalanannya di tanah Melayu, Serawak, kemudian memasuki wilayah Dayak dan seterusnya ke Pontianak. Setelah dari Kalimantan, Ida Pfeiffer menuju ke Djawa lalu Ida Pfeiffer melanjutkan perjalanan utama ke Tanah Batak di Sumatra.

 

Berkat laporan Ida, lemang jadi dikenal di seluruh dunia. banyak istilan untuk menyebut lemang seperti lomang (Batak), lemang (Melayu) dan lamang (Minangkabau). Namun ketiga nama itu merujuk pada satu hal. Lemang kemudian lebih dominan diucapkan dalam bahasa Indonesia.

Metode memasak beras yang sangat rumit dan lama, foto : baranom
Metode memasak beras yang sangat rumit dan lama, foto : baranom

Lemang adalah metode memasak beras menjadi nasi dengan menggunakan wadah bambu. Beras dimasukkan ke dalam rongga bamboo yang di dalamnya dilapisi daun pisang kemudian dibakar/dipanggang di atas api menyala. Beras yang sudah menjadi nasi ini dengan metode bambu ini disebut lemang.

 

Meski ‘hanya’ menanak nasi, untuk membuat nasi lemang bukanlah hal yang simpel, karena perlu persiapan dan penanganan selama proses pembakaran. Waktu yang dibutuhkan saat mulai dibakar di atas kayu bakar yang menyala disebut sebagai fase pertama. Pemanggangan di atas bara hingga tiga sampai empat jam sebagai fase kedua.

Saat matang rasa, nasinya sangat nikmat, sepadan dengan rumitnya proses memasaknya. foto : baranom
Saat matang rasa, nasinya sangat nikmat, sepadan dengan rumitnya proses memasaknya. foto : baranom

Begitu rumitnya, metode ini tidak setiap hari digunakan untuk memasak beras. Dengan kata lain, metode memasak beras menjadi nasi serupa ini tidak praktis. Waktu dan daya upayanya tidak sebanding jika dilakukan dengan metode lain.

 

Namun pada masa lalu, nasi lemang adalah bekal wajib saat hendak menempuh perjalanan jauh. Karena nasi akan jadi lebih tahan lama. Selain itu saat berada di hutan, tanpa alat masak, masyarakat masih bisa menanak nasi dengan metode bakar bambu ini. wsn/bbs

 

Article Lainnya


Jus VS Smoothie, Pilih Mana??

Jus VS Smoothie, Pilih Mana??

Setelah mengulas plus minus alat pengolah buah dan sayuran, kini makanabis.com kembali akan ...

Sekilas Laksa

Sekilas Laksa

Sampai saat ini masih belum jelas asal usul laksa. Makanabis.com mendapati ada ada tiga teor...

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

Mungkin kita sering bertanya mengenai mana yang lebih baik: juicer atau blender? Mana yang lebih mem...

Ikan Asin, Dulunya Hidangan Mewah Saat Upacara

Ikan Asin, Dulunya Hidangan Mewah Saat Upacara

Ikan asin masuk kedalam jenis makanan olahan yang diawetkan. Makanan ini terbuat dari ikan yang didi...

JELAJAH