Kembali ke Article

Jalani Isolasi Mandiri, Ini Cara Membuat Makanan Tahan Lama

26 Mar 2020 Tips n Trick
Jalani Isolasi Mandiri,  Ini Cara Membuat Makanan Tahan Lama
26 Mar/2020

Isolasi adalah sebuah pilihan cerdas untuk menghambat persebaran wabah covid 19. Namun metode ini membutuhkan persiapan dan pengetahuan yang cukup, mengenai cara bertahan hidup dan memanfaatkan segala sumber daya yang ada.  Mengapa pengetahuan mengenai sumber daya bertahan hidup menjadi penting? Ini karena makanan dapat dengan mudahnya mengalami pembusukan.

Dampaknya kita harus membeli ulang bahan-bahan makanan. Ini artinya kita telah melanggar konsep isolasi dengan bepergian ke luar rumah. Makanabis akan berbagi pengetahuan  cara agar makanan bisa awet dan tahan lama. Simak rangkuman Makanabis berikut ini : 

Wadah Kedap Udara

Untuk makanan kering perlu diperhatikan untuk selalu menyimpannya pada wadah kedap udara.  Toples plastik atau kaca merupakan wadah yang tepat karena dapat mencegah tungau kecil dan serangga hinggap pada makanan. Tapi jangan lupa pula untuk selalu menutup dengan benar wadah kedap udara tersebut.

Menormalkan Roti Basi

Masa isolasi yang terbilang panjang perlu kiranya memperkirakan kemampuan dan daya tahan bahan pangan basah. Roti tawar dan sejenisnya, yang mencantumkan  expired roti sangat cepat. Namun, jangan khawatir ketika roti yang kamu beli ternyata sudah habis tanggal berlakunya atau basi. Kamu masih bisa membuatnya agar bisa dikonsumsi lagi dengan cara menggosok roti tersebut dengan es batu dan memasukkannya ke dalam oven selama sekitar 12 menit. Roti pun akan kembali lembut dan enak lagi.

Handuk Kertas Menyerap Kelembapan

Bungkus sayuran yang disimpan dalam kulkas dengan handuk kertas. Handuk ini akan berfungsi sebagai penyerap kelembaban yang dihasilkan sayuran saat berada dalam suhu yang dingin. Handuk kertas akan menyerap kondensasi yang menyebabkan sayuran layu sehingga sayuran akan segar dalam waktu yang lebih lama.

Ikatan Bawang Merah

Ini adalah teknik tradisional yang telah dipraktekan oleh nenek moyang kita sejak dulu. Kumpulkan   beberapa rumpun bawang merah, lalu ikatkan secara simpul, kemudian gantungkan di tempat kering yang sejuk. Dengan demikian bawang akan bertahan hingga delapan bulan lebih lama.

Sirup di Freezer

Jika  ingin sirup menjadi awet dan tahan lama, maka simpanlah ke dalam freezer. Dengan menyimpannya dalam freezer akan mencegah sirup dari kerusakan. Kadar gula yang tinggi dalam sirup pun membuatnya tidak akan membeku saat di dalam freezer.

 

2020 ini Meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih Meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai Meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew/berbagai sumber

 

 

 

 

Article Lainnya


5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

Sejak lama, jeruk purut dimanfaatkan tak hanya buah tapi juga daunnya. Yang paling sering pe...

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

JELAJAH