Kembali ke Article

Jenis Flat Bread yang Ada di dunia!

02 Dec 2019 Ragam
Jenis Flat Bread yang Ada di dunia!
02 Dec/2019

Meskipun bukan merupakan makanan pokok orang Indonesia, tapi roti merupakan makanan yang sangat familiar. Hampir di setiap rumah menyediakan roti, untuk camilan atau pengganjal lapar ketika nasi belum matang. Roti biasa ditambahkan ragi, supaya mengembang dan empuk. Namun gak semua roti diberikan ragi, lho. Di dunia ini ada beberapa roti yang tidak diberikan ragi, sehingga tidak mengembang bahkan menjadi pipih. Makanabis merangkum berbagai roti pipih lainnya di berbagai belahan dunia!

Tortilla

Roti pipih khas Meksiko, nih. Ada beragam jenis tortilla, bergantung dengan bahan dasar pembuatannya. Ada yang menggunakan jagung, gandum hingga buah bit. Acapkali digunakan sebagai wrapping alias pembungkus makanan seperti lumpia. Di Meksiko, tortilla diolah menjadi beberapa makanan lezat seperti nachos, tacos, quesadilla dan sebagainya.

Canai

Di Indonesia dikenal dengan roti maryam. Roti pipih yang nama aslinya adalah roti canai ini adalah roti yang mendapatkan pengaruh dari Negara India. Berwarna kuning pucat, lalu bentuknya pipih namun bentuknya melingkar dan saling melekat. Ketika dimasak, roti canai menjadi kuning kecokelatan. Biasa dimakan bersama dengan gulai kambing atau kari daging yang kuahnya kental. Selain di Indonesia, roti ini juga eksis di Malaysia dan Singapura.

Lavash

Roti yang juga disebut Lavase ini merupakan makanan pokok masyarakat Turky, Armenia, Persia, Iran, ataupun Arzebaijan. Roti ini hanya terbuat dari bahan sederhana, yaitu tepung terigu, air dan juga garam. Jika diolah, maka roti ini tidak lagi berbentuk pipih mulus, namun terdapat benjolan-benjolan di bagian tengahnya. Tahukah kamu? Pada tahun 2014, roti ini tercatat sebagai daftar warisan budaya takbenda UNESCO Intangible Cultural Heritage Lists sebagai salah satu budaya Armenia. Wow!

Piadina

Nama lainnya adalah piada, yaitu roti pipih asal Italia. Roti ini kerap digunakan di kawasan Romagna seperti Forlì, Cesena, Ravenna, dan Rimini di Italia. Terbuat dari tepung putih, garam, air, serta lemak babi. Lemak babi ini bisa diganti dengan minyak zaitun. Cara pembuatannya masih menggunakan metode tradisional, yaitu dengan menggunakan piring tembikar yang disebut "teggia". Piadina biasa dijadikan wrapping dengan isian berupa jenis keju, sayuran, ham tipis yang dikeringkan. Terkadang juga berisi isian yang manis seperti selai kacang atau Nutella.

Pitta

Lebih tebal dibandingkan dengan roti pipih lainnya, dan bagian tengahnya memiliki rongga. Roti ini digunakan dalam berbagai masakan Timur Tengah. Bagian tengahnya biasa diberikan isian seperti sayuran, daging, telur dan sebagainya. Bisa juga digunakan untuk pembungkus kebab, gyros, falafel, atau taramosalata.

Mirip namun berasal dari negara dan memiliki penyebutan yang berbeda, ya? Kalau di Indonesia apa sebutannya ya? Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri

Article Lainnya


NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

Sepekan terakhir, kita jadi lebih sering membaca, mendengar dan melihat di media massa mengenai New ...

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Baru-baru ini brand biskuit Oreo membuat geger dunia maya karena meengeluarkan produk yang sangat ma...

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Bagi mayoritas masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Bahk...

6 Keju Terpopuler di Indonesia

6 Keju Terpopuler di Indonesia

Produk olahan susu bertekstur lembut dengan rasa asin yang cukup kuat. Keju adalah bahan yang ...

JELAJAH