Kembali ke Article

Pecel Nusantara, Serupa Tapi Tak Sama

16 Dec 2019 Review Selera Nusantara
Pecel Nusantara, Serupa Tapi Tak Sama  foto:gotravelly
16 Dec/2019

 

Siapa yang enggak tahu kuliner pecel? Pecel adalah sajian berisi sayuran, lontong, tahu, tempe dan lauk lainnya yang disiram dengan bumbu kacang. Tak lupa, rempeyek untuk melengkapi hidangan. Pecel biasa disantap untuk sarapan dan termasuk makanan yang menyehatkan. Tahukah kamu jika Indonesia memiliki banyak sajian pecel yang nampak sama, namun sebenarnya berbeda? Makanabis sudah merangkumnya buat kamu, nih!

foto:anakjajan
foto:anakjajan

Pecel Pincuk

Madiun katanya dianggap memiliki sajian pecel yang paling enak, lho. Pecel pincuk madiun sangatlah terkenal di Indoensia. Hidangan pecelnya disajikan dengan alas daun pisang yang dibuat seperti pincuk. Isinya berupa nasi, sayuran, petai cina, tahu, tempe endoan, telur asin dan yang paling khas adalah adanya sate ati ampela. Di atasnya ditaburi dengan serundeng kelapa serta kacang goreng.

foto:viva
foto:viva

Pecel Rengkek

Rengkek merupakan sebuah nama tempat yang digunakan para penjual pecel untuk menjual dagangannya. Terbuat dari kayu tripleks, bisa juga disebut ronjot. Kemudian pedagang akan menjajakannya dengan naik sepeda kayuh atau sepeda motor. Menggunakan daun pisang yang juga dibentuk pincuk.

foto:kangrudi
foto:kangrudi

Pecel Daun Jati

Jika biasanya pecel diberikan alas daun pisang, maka pecel khas Ponorogo ini beralaskan daun jati. Aromanya tentu berbeda dengan daun pisang. Aroma khas yang bercampur dengan sajian nasi hangat, membuat rasanya juga semakin khas. Dukuh Jetak adalah salah satu desa di Ponorogo yang terkenal sebagai berkumpulnya pedagang pecel daun jati.

foto:idntimes
foto:idntimes

Pecel Tumpang

Sesuai namanya, pecel khas Kediri ini menggunakan sambal tumpang. Sambal tumpang dibuat dari tempe yang hampir busuk dan dicampur dengan berbagai rerempahan. Rasanya? Pedas dan gurih. Jadi pecel tumpang ini enggak menggunakan saus kacang yang bercita rasa manis.

foto:travelingyuk
foto:travelingyuk

Pecel Blitar

Sebenarnya pecel ini mirip dengan pecel madiun. Hal yang unik dari pecel khas blitar ini adalah biasa disajikan dengan serundeng ataupun rawon. Rasanya jadi gurih. Tak lupa juga dengan rempeyeknya.

foto:gotravelly
foto:gotravelly

Pecel Bledek Nganjuk

Apanya yang bledek? Tentu saja rasa pedasnya. Yup, pecel di nganjuk terkenal dengan kepedasan bumbunya. Seporsinya bahkan katanya menggunakan lima cabai rawit, lho. Bayangkan betapa pedasnya. Sayuannya terdiri dari petai cina, kemangi, tauge, daun singkong, kembang turi, dan kemangi. Kamu harus menyiapkan minuman yang cukup banyak untuk meredakan kepedasannya!

Pecel Tulungagung

Hal yang spesial dari pecel tulungagung adalah variasi lauk pauknya. Bukannya menyajikan lauk seperti ayam goreng, telur dadar, telur mata sapi, namun lauknya adalah tempe, rempeyek serta keripik singkong. Bumbunya juga memiliki cita rasa yang unik, yaitu pedas gurih manis.

Buat kamu yang merupakan fans nasi pecel, bisa cobain berbagai varian pecel seluruh Indonesia!

Article Lainnya


Dibuang Sayang,  Yuk Kreasi Ulang

Dibuang Sayang, Yuk Kreasi Ulang

Jika ada nasi sisa semalam jangan langsung dibuang. Ternyata nasi lebih ini ...

Jerawatan? Gunakan Masker Daun Sirih

Jerawatan? Gunakan Masker Daun Sirih

Timbulnya jerawat pada kulit wajah terutama pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak memang no...

Makan Pedas Sebabkan Usus Buntu?

Makan Pedas Sebabkan Usus Buntu?

Selama ini, sangat sering kita mendengar pernyataan bahwa makanan pedas adalah penyebab penyakit usu...

Bongkar Aksi Busuk Pedagang Ayam Tiren & Formalin

Bongkar Aksi Busuk Pedagang Ayam Tiren & Formalin

Konsumsi daging ayam saat ini sangat tinggi. Daging ayam adalah sumber protein yang terbilang terjan...

JELAJAH