Kembali ke Article

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

09 Jul 2020 Headline Ragam
JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?
09 Jul/2020

Mungkin kita sering bertanya mengenai mana yang lebih baik: juicer atau blender? Mana yang lebih memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita? Kali ini  Makanabis.com   mencoba mengulas plus minus  alat pengolah sari buah-buahan ini.

 

 

Juicer

Olahan yang dihasilkan oleh juicer disebut jus atau juice. Juicer memberikan ekstrak air dan nutrisi dari buah atau sayuran dengan cara memisahkan ampas sisa buah atau sayuran.

 

Ampas juice ini sebenarnya kaya akan serat atau fiber. Serat inilah yang bermanfaat bagi pencernaan, Karena dengan serat, sistem pencernaan tidak perlu  bekerja keras untuk memecah makanan dan menyerap nutrisi. Bahkan, hal ini dipercaya membuat nutrisi lebih mudah diserap oleh tubuh dalam jumlah yang jauh lebih besar daripada jika Anda makan buah-buahan dan sayuran secara utuh.

 

 

Serat sangat berguna untuk membantu memperlambat proses pencernaan dan mendorong pelepasan nutrisi ke dalam aliran darah. Olahan juicer sangat membantu terutama bagi mereka yang  memiliki sistem pencernaan yang sensitif atau terdapat penyakit yang menghambat tubuh mengolah serat.

 

 

Blender

Olahan Minuman yang dihasilkan oleh blender disebut smoothie. Tidak seperti jus, smoothie terdiri dari seluruh seluruh bagian buah atau sayuran termasuk kulit dan semua serat dari sayuran dan buah sehingga teksturnya lebih kental dan kenyal dibandingkan jus.

 

Blender mampu menghasilkan serat dalam ukuran yang jauh lebih kecil ketimbang dimakan langsung. Tentu saja hal ini membuat buah dan sayur jauh lebih mudah dicerna tubuh. Tetapi juga membantu memperlambat pelepasan nutrisi ke dalam aliran darah dan menghindari lonjakan gula darah.

 

 

Dari segi harga   blender relatif lebih terjangkau dibandingkan juicer. Sedangkan dari sisi nutrisi diperoleh dari slow juicer dengan kecepatan rata-rata   70-80 rpm lebih baik dibandingkan dengan blender yang rata-rata 1.000-20.000 rpm. 

Article Lainnya


Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

Akhirnya, Daging Imitasi Dijual Di Pasaran

Akhirnya, Daging Imitasi Dijual Di Pasaran

Startup asal Israel, Redefine Meat, berhasil menciptakan ‘daging’ berbahan dasar...

Sisi  Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Sisi Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Ada hal yang menarik di dalam dunia kuliner. Ternyata beberapa jenis hantu justru taku...

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Nih,,,,, Cara Mudah Pilih Jeruk Manis Dan Segar

Jeruk menjadi buah favorit banyak orang, karenakan rasanya yang manis segar dan harganya yang terjan...

JELAJAH