Kembali ke Article

Kadin Jatim Gagas Ekspansi Bisnis di The Greater Bay Area

17 Jan 2020 Ragam
Kadin Jatim Gagas Ekspansi Bisnis di The Greater Bay Area
17 Jan/2020

Pada 18 Februari 2019, Pemerintah Tiongkok merilis blueprint The Greater Bay Area (GBA) - Zona Ekonomi yang berkembang dan dinamis yaang mencakup kota-kota besar seperti Hong Kong, Shenzhen, Guangzhou dan Makau dengan Pendapatan Domestik Bruto gabungan lebih dari USD 1,5 triliun.  Wilayah ini menyajikan peluang bisnis yang signifikan di seluruh spektrum sektor industri yang luas.

GBA sedang jadi mesin pertumbuhan ekonomi baru di Asia Tenggara selanjutnya. Dengan kekuatan dan warisan tradisional Hong Kong, kota ini memiliki keunggulan unik yang membuat perbedaan dalam mendapatkan manfaat dari sinergi dan peluang yang dibawa oleh inisiatif ini.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur terus memacu kinerja industri di Jatim. Tidak untuk melakukan pengembangan bisnis di dalam negeri, tetapi juga ekspansi ke luar negeri. Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto mengatakan, pihaknya bersama InvestHK sebagai Badan Pemerintah HongKong melaksanakan perdagangan bersama. Pihaknya juga menggelar seminar dengan tajuk Greater Bay Area Opportunity-Utilizing Hongkong.

“Acara ini bertujuan untuk memberikan gambaran nyata mengenai peluang-peluang bisnis di wilayah tersebut. Seminar ini diikuti 29 perusahaan anggota kadin dari berbagai macam sektor usaha, di antaranya industri manufaktur, farmasi, perikanan, pangan, dan perkayuan,” jelas Adik Dwi Putranto

Greater Bay Area, lanjut Adik, akan menjadi peluang bisnis yang penting di berbagai sektor dan industri. Bagaimana pengusaha Jawa Timur dapat mengambil bagian dari peluang-peluang bisnis yang signifikan ini dengan memanfaatkan keunikan HongKong. “Prakarsa Greater Bay Area tersebut untuk menciptakan klaster ekonomi wilayah teluk di Tiongkok Selatan yang mampu bersaing, dan bahkan menyalip, zona ekonomi serupa di seluruh dunia seperti Wilayah Teluk San Francisco, Greater New York, dan Greater Tokyo Area,” imbuh Adik.

Melalui keputusan penting ini, China akan menjadikan kawasan GBA sebagai megalopolis yang didukung dengan teknologi tinggi untuk menyaingi Silicon Valley di California, Amerika Serikat. “Inilah yang harus ditangkap, bagaimana kemudian pengusaha Jatim berlomba untuk melakukan ekspan di di sejumlah wilayah tersebut, utamanya Hongkong sebagai ekonomi tunggal terbesar dalam Greater Bay Area dengan PDB sebesar US$ 364,8 miliar pada 2018,” pungkas Adik.

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH