Kembali ke Article

Kaldu Homemade Ala Makanabis

07 Sep 2020 Inspirasi
Kaldu Homemade Ala Makanabis
07 Sep/2020

Kaldu atau  fonds stocks atau adalah cairan yang didapat dan dihasilkan dari perebusan (simmering) daging atau tulang, sayur-sayuran dan bumbu-bumbuan. Tulang atau daging akan memberikan rasa dan ciri khas pada kaldu. Biasanya nama kaldu, diberikan berdasarkan  bahan dasarnya. Sayur-sayuran (mirepoix) yang akan memberikan aroma pada kaldu. Bumbu (seasoning) yang meningkatkan rasa pada kaldu.

 

 

 

Saat ini banyak kaldu berbentuk kristal, cairan ataupun kaldu-kaldu yang diawetkan dengan merek dagang tertentu. Namun bagi makanabis lover yang Ingin membuat kaldu sendiri ternyata caranya sangat mudah. Dengan membuat sendiri, kita jadi tahu bahan-bahan penyusunnya bahkan kita bisa menyimpannya dan menggunakan kembali saat membutuhkannya. Memasak kaldu yang gurih memang harus lama, sekitar 1-3 jam, tergantung jumlah kaldu yang dibuat.  

 

Kaldu Sapi

 


Biasanya bahan yang digunakan adalah bagian tulang kaki atau tulang iga sapi. Cita rasa kaldu sapi pekat dan gurih. Bagian tulang sapi akan mengeluarkan sumsum yang menjadi rahasia kelezatan kaldu dari tulang sapi. Aneka sup, bakso dan soto menjadikan tulang kaki ini sebagai kelezatan kuah.  

foto : foodnetwork
foto : foodnetwork

 

Kaldu Ayam

Bagian yang biasa digunakan adalah bagian punggung, paha, atau kaki ayam. Punggung ayam akan menghasilkan kaldu dengan cita rasa yang lebih pekat. Untuk mendapatkan hasil yang lebih terasa, biasanya ditambahkan potongan bombay, wortel, dan sedikit merica butiran untuk menutupi rasa amis dan menyumbang rasa manis pada kaldu. 

 

 

 

Kaldu Ikan dan Udang

 


Saat membersihkan udang, jangan buang kulit dan kepalanya karena bagian ini bermanfaat untuk membuat kaldu udang. Cuci bersih kulit dan kepala udang, sangrai dengan api sedang (jaga jangan sampai gosong) hingga kulit berubah warna dan airnya kering. Tujuannya agar kaldu yang dihasilkan tidak terlalu amis. Baru kemudian rebus  bersama sedikit jahe, merica, dan daun bawang. Cara ini juga bisa diaplikasikan pada ikan.

 

 

Kaldu Jamur


Kaldu jamur memiliki cita rasa yang lebih ringan, tetapi tetap gurih dan lezat. Jamur yang biasa digunakan adalah jamur shiitake. Tetapi jika menginginkan aroma yang lebih kaya, bisa dicampurkan dengan jamur merang dan jamur kancing (champignon). Potong-potong jamur segar, kemudian tumis bersama sedikit minyak dan bawang bombay hingga bombay harum dan layu, baru tambahkan air dan rebus hingga kaldunya keluar. bbs

 

 

Article Lainnya


Chestnut Moon Cake Ala Makanabis

Chestnut Moon Cake Ala Makanabis

Chestnut atau kastanya sudah tidak asing bagi penggemar kacang-kacangan. Kacang ini memiliki ciri kh...

6 Khasiat Kacang Merah

6 Khasiat Kacang Merah

Tidak seperti kedelai yang olahannya sudah banyak diketahui orang yaitu tempe, tahu sampai susu kede...

Teko, Piring & Mug Blirik, Riwayatmu Dulu

Teko, Piring & Mug Blirik, Riwayatmu Dulu

Mungkin sudah tidak banyak lagi yang menggunakan cangkir atau mug enamel dengan twotone color ini. B...

Ayam Kecap Sicuan

Ayam Kecap Sicuan

Ayam kecap masak Sicuan ini memang sangat mudah untuk membuatnya. Hanya dengan beberapa bumbu dasar,...

JELAJAH