Kembali ke Article

Kapulaga Lawan Penyakit Akut

23 Sep 2020 Khasiat
Kapulaga Lawan Penyakit Akut foto : ist
23 Sep/2020

Sudah sejak lama kapulaga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Orang-orang India, Arab hingga Eropa memanfaatkan kapulaga sebagai bumbu dapur dan obat-obatan herbal. Namun yang paling dominan menggunakan kapulaga adalah masyarakat India. Biasanya masyarakat India menggunakan kapulaga sebagai bumbu dalam berbagai jenis masakan India.

 

 

 

Rempah ini juga telah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic sebagai obat   untuk sariawan, masalah pencernaan, hingga depresi. Makanabis mengutip sebuah jurnal ilmiah, yang menyebutkan kapulaga dapat menurunkan kolesterol dan mencegah kanker. Manfaat kesehatan dari kapulaga termasuk perlindungan gastrointestinal, mengontrol kolesterol, mengendalikan kanker, mengobati masalah kardiovaskular, dan peningkatan sirkulasi darah dalam tubuh. 

foto : its
foto : its

Turunkan Risiko Kanker

 

Kapulaga memiliki kandungan anti-karsinogenik  yang  merupakan properti pencegah kanker, yang menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Dalam studi yang dilakukan oleh Sengupta et al. di Chittaranjan National Cancer Institute, Kalkuta   menunjukkan bahwa menggunakan kapulaga memiliki hasil positif dalam menangkal kanker kolorektal hingga 48%.

Kesehatan Jantung

Dalam studi penelitian yang dilakukan di Departemen Farmakologi dan Farmasi di College of Pharmacy Raja Saud University, Arab Saudi menunjukkan bahwa penggunaan kapulaga pada pasien penderita kardiovaskular dapat mengendalikan irama detak jantung serta mengendalikan hipertensi.

 

 

Kontrol Kolesterol

 

Mikronutrien pada kapulaga dapat membantu mengatasi lonjakan lipid dalam tubuh. Penelitian Dhuley yang dilakukan di Toxicology Divisi Farmakologi dan di Hindustan India, dengan percobaan enzim antioksidan pada hati dan jantung tikus. Tikus yang diberikan makanan  diet tinggi lemak menunjukkan bahwa enzim antioksidan kapulaga  berpengaruh pada tingkat kolesterol dengan mengendalikannya secara signifikan.

Anti Depresan

 

Kandungan minyak esensial dari kapulaga merupakan salah satu minyak yang memiliki sifat antidepresan yang digunakan sebagai aromaterapi. Hal ini dapat digunakan tidak hanya untuk mengobati depresi, tetapi juga digunakan daam pengobatan berbagai macam jenis penyakit seperti gangguan perut untuk penderita penyakit paru-paru.

Article Lainnya


Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Urap Alur, Salad Lezat Ala Pesisir

Bagi sebagian orang, daun alur mungkin trasa agak asing. Sayuran yang memiliki nama latin Saudea mar...

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Sambal Colo-Colo Khas Ambon

Membicarakan sambal nusantara tentu tak akan ada habisnya. Setiap daerah pasti memiliki berbgai samb...

Resep Sup Konro Legendaris

Resep Sup Konro Legendaris

Terdapat suatu hidangan yang selalu diburu para wisatawan baik lokal maupun mancanegara saat berkunj...

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Bajigur, Minuman Berkhasiat Khas Sunda

Cuaca yang tak menentu membuat seseorang gampang terserang penyakit. Di saat seperti itu, daya tahan...

JELAJAH