Kembali ke Article

Kecap Manis, Hasil Kompromi Budaya Jawa dan Tionghoa

28 Sep 2020 Food Story Headline
Kecap Manis, Hasil Kompromi  Budaya Jawa dan Tionghoa Image Source: http://www.fussfreecooking.com/
28 Sep/2020

Jika dihitung, pasti akan ada banyak sekali masakan Nusantara yang tidak bisa dipisahkan dari  kecap manis. Tak dapat dipungkiri masakan akan terasa lebih lezat dan memiliki cita rasa manis yang khas dengan penambahan kecap manis. Meskipun begitu, kecap sebenarnya bukan bumbu masakan yang asli berasal dari Indonesia. Kecap manis, seperti yang sekarang sering kita jumpai rupanya memiliki perjalanan panjang yang akan Makanabis ulas berikut ini.

 

 

Kecap, pada dasarnya sudah ada sejak 3.000 tahun yang lalu pada masa Kekaisaran Romawi Kuno. Namun cikal bakal kecap manis di Indonesia bukan berasal dari kecap Bangsa Romawi, melainkan dari Bangsa China. Pada abad ke-16, Bangsa China tercatat berhasil menemukan saus kedelai yang berwarna gelap dan bertekstur encer seperti air. Mreka menyebutnya dengan nama ke’tsiap. Saus kedelai ini memang berbahan baku kedelai hitam namun memiliki rasa yang asin.

 

Saat Bangsa China melakukan ekspansi ke berbagai negara termasuk Indonesia, mereka turut memperdagangkan ke'tsiap di Pulau Jawa. Akan tetapi, penyambutan masyarakat Jawa terhadap ke’tsiap tidak sesuai ekspektasi para pedagang China. Orang Jawa yang lebih menyukai rasa manis tidak begitu tertarik dengan saus kedelai dari China yang memiliki cita rasa asin.

 

 

Berangkat dari permasalahan tersebut, pedagang China akhirnya berinisiatif memberikan cita rasa manis pada kecapnya dengan menambahkan gula kelapa. Dari situlah, kecap dari pedagang China dikenal sebagai kecap manis yang mulai disukai oleh orang-orang Jawa. Pada perkembangannya, tekstur kecap juga dirubah menjadi lebih kental karena masyarakat Indonesia tidak begitu menyukai tekstur ke’tsiap yang terlalu encer. Kecap manis akhirnya berkembang pesat dan pabrik-pabrik kecap manis mulai bermunculan di Indonesia.

 

Article Lainnya


Ingin Rambut Cepat Panjang? Pakai Masker Seledri

Ingin Rambut Cepat Panjang? Pakai Masker Seledri

Rambut panjang yang tebal, halus, dan sehat adalah dambaan banyak wanita. Namun, berbagai permasalah...

Rahasia Bumbu Ungkep Ala Penyetan

Rahasia Bumbu Ungkep Ala Penyetan

Menikmati daging ayam, bebek, tempe, maupun ikan ala ‘penyetan’ dengan sambal super peda...

Gurih Mie Lendir Khas Kepulauan Riau

Gurih Mie Lendir Khas Kepulauan Riau

Saat berkunjung ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau, tidak afdhol rasanya jika tidak mencicipi mie lend...

Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes suguhan tradisional Belanda. Serupa dengan pancake kecil dan lembut, mereka dibuat ...

JELAJAH