Kembali ke Article

Kemangi VS Kulit dan Rambut Bermasalah

20 Jul 2020 Khasiat
Kemangi VS Kulit dan Rambut Bermasalah
20 Jul/2020

 

Daun kemangi menawarkan berbagai manfaat bagi kulit. Daun ini juga  bermanfaat untuk rambut, bahkan dapat membantu untuk menyingkirkan sejumlah masalah rambut. Makanabis mengumpulkan beberapa manfaat dari daun kemangi untuk kesehatan kulit dan rambut. Dan ternyata pemanfaatannya begitu mudah dan cepat. Sayang sekali jika disekitar kita terdapat daun kemangi namun tidak dimanfaatkan. Berikut manfaat daun kemangi :

 

Pencegahan Jerawat

Daun kemangi yang dikonsumsi dapat  mencegah timbulnya jerawat karena mereka memurnikan darah dengan membuang racun dari dalam tubuh. Daun kemangi juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat diterapkan sebagai pasta dari daun untuk mencegah peradangan.

 

Pencegahan Komedo

 

Daun kemangi juga dapat dipakai sebagai pencegah munculnya komedo. Daun kemangi pada sisi bagian atas ditempatkan di setiap sisi hidung  selama 5 menit. Setelah itu, dilepas dan cuci muka. Kulit yang terdapat komedo akan terlihat lebih bersih karena butiran hitam komedo telah terangkat.

 

Pengobatan Infeksi Kulit

 

Karena sifatnya yang anti bakteri, anti biotik dan anti jamur properti, daun kemangi dapat menekan   pertumbuhan bakteri   B anthracis yang menyebabkan infeksi kulit. Caranya mudah,  giling dan merebus 200-250 gram daun kemangi dengan kuantitas yang sama dari minyak biji wijen dapat diterapkan pada kulit untuk menyembuhkan gatal-gatal. Campuran daun kemangi dan jus lemon juga dapat diterapkan pada kulit untuk mengobati kurap.

 

Mencegah Rambut Beruban

Rendam daun kemangi kering bubuk dan bubuk dalam air semalam dan cuci rambut dengan ramuan ini keesokan harinya. Hal ini untuk mencegah rambut beruban.

 

Rambut Rontok

 

Rambut rontok adalah masalah umum yang yang dapat terjadi karena gatal kulit kepala. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala akan menjaga kulit kepala tetap dingin, mengurangi gatal dan meningkatkan pertumbuhan rambut karena adanya  sirkulasi darah ke kulit kepala.

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH