Kembali ke Article

Kenali 9 Jenis Tepung Pembuat Kue

21 Mar 2020 Headline Ragam
Kenali 9 Jenis Tepung Pembuat Kue
21 Mar/2020

Kebiasaan memasak atau kegemaran membuat kue, pasti sangat familiar dengan kegunaan dan macam-macam jenis tepung. Tepung banyak sekali jenis dan fungsinya. Kita harus dapat membedakan jenis-jenis tepung agar tidak melakukan kesalahan dalam mengolahnya  sehingga makanan yang kita olah hasilnya sangat memuaskan. Tepung terbuat dari biji-bijian atau sari pati tumbuhan yang digiling dan disaring hingga teksturnya berubah menjadi lebih halus. Mungkin bagi pemula pasti sangat asing dengan jenis-jenis tepung yang akan digunakan. Oleh karena itu, Makanabis akan membantu memperkenalkan jenis-jenis tepung dan fungsinya agar tidak bingung dan acara memasak menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan.

Tepung Terigu

Tepung terigu sangat populer di masyarakat karena paling sering digunakan untuk membuat berbagai masakan. Berasal dari biji gandum murni, teksturnya halus dan elastisitasnya tinggi. Tepung terigu terdiri dari tepung terigu protein tinggi, sedang dan rendah. Kegunaannya berbeda-beda yaitu untuk yang protein tinggi sangat cocok untuk membuat mi, roti, donat dan pasta. Protein sedang untuk membuat aneka cake, kue tradisional dan gorengan. Sedangkan yang protein rendah dapat digunakan untuk membuat cookies, pie juga bisa untuk gorengan.

Tepung Beras

Seperti namanya, tepung ini terbuat dari beras yang ditumbuk. Teksturnya halus. Digunakan menjadi bahan baku bihun. Biasanya untuk membuat kue tradisional dan rempeyek.

Tepung Maizena

Tepung ini biasanya digunakan sebagai pengental pada sup atau saus. Terbuat dari jagung sehingga sering disebut dengan tepung jagung. Warnanya lebih pucat dan keruh. Teksturnya lebih halus dan kering. Memberikan efek lembut pada puding dan sponge cake. Jika digunakan untuk membuat cookies maka hasilnya akan lebih renyah.

Tepung Tapioka

Biasanya disebut dengan tepung kanji. Warnanya putih, ringan, kesat dan lengket di tangan. Terbuat dari pati singkong. Tidak ada kandungan proteinnya. Karena kental dan lengket, maka sering digunakan sebagai lem. Untuk membuat bakso, pempek, batagor atau sebagai pengental tumisan.

Tepung Hunkwe

Terbuat dari sari pati kacang hijau dengan tekstur agak kasar dan baunya harum. Menghasilkan adonan yang lentur dan kenyal. Biasanya digunakan untuk membuat cendol, kue lapis, es gabus dan kue pisang.

Tepung Sagu

Sesuai dengan namanya, tepung ini terbuat dari bagian tengah pohon sagu atau aren. Bertekstur agak kesat dan berpasir berwarna keruh. Tepung sagu sering digunakan untuk membuat bubur, kue bika ambon, pempek dan kue sagu.

Tepung Panir

Tepung yang terbuat dari roti tawar yang dikeringkan dan ditumbuk. Memiliki tekstur kasar. Warnanya putih dan orange.Digunakan sebagai lapisan gorengan seperti risoles, kroket atau katsu, tempura dan pisang goreng.

Tepung Gandum

Berbeda dengan tepung terigu yang terbuat dari gandum yang sudah dikupas, tepung gandum terbuat dari biji gandum utuh yang digiling sehingga warnanya pun lebih gelap dan kusam. Dipakai untuk membuat roti. Harganya cukup mahal sehingga jarang yang menggunakannya.

Tepung Hongkong

Disebut juga tepung tang mien. Hampir sama dengan tepung terigu tetapi teksturnya lebih halus. Terbuat dari pati gandum. Digunakan sebagai bahan pembuat kulit dumpling seperti hakau. Tepung ini juga dipakai dalam campuran adonan bakpao.

Itulah beberapa jenis tepung sajian Makanabis. Jangan keliru lagi ya kalau hendak menggunakan tepung untuk memasak atau membuat kue. Cukup rasakan teksturnya, lihat warnanya dan cium baunya, pasti sudah tahu jenis tepungnya.

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew/Berbagai sumber.

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Jagung Keju Mozerella Nikmat Molor

Jagung Keju Mozerella Nikmat Molor

Hanya dengan lima bahan baku, makanabis akan membagikan resep kudapan yang nikmat nan sehat....

JELAJAH