Kembali ke Article

Kenali Jenis Madu & Segala Manfaatnya

28 Oct 2019 Headline Healthy Food
Kenali Jenis Madu & Segala Manfaatnya
28 Oct/2019

Sejak zaman dahulu, orang sudah mewajibkan meminum madu minimal sesendok sehari.  Madu memang  dipercaya memang percaya sebagai bahan alami yang bisa memberikan efek  imunitas dalam tubuh. Mereka yang rutin konsumsi madu  tidak mudah   terserang penyakit dan semakin aktif dalam menjalankan aktivitas harian.

Rasa manis madu mirip seperti gula. Menyelipkan madu dalam asupan memang tidak terlalu sulit karena rasanya yang manis. Madu juga bisa diaplikasikan pada makanan dan minuman. Tapi, Apakah kamu tahu bahwa terdapat beberapa jenis madu yang berbeda?   sebenarnya ada empat jenis produk yang dihasilkan oleh lebah. Semuanya memiliki fungsi yang berbeda untuk tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja jenis madu beserta manfaatnya, simak ulasan menarik makanabis di bawah ini.

Madu

Madu adalah produk lebih yang paling populer di antara yang lainnya. Untuk  mendapatkannya sangat mudah karena ada di hampir semua toko. Harganya pun relatif murah. Itulah sebabnya banyak orang memilih madu untuk tambahan asupan gizi. Madu biasa digunakan untuk meningkatkan stamina tubuh agar senantiasa  energik setiap hari. Madu juga bisa mengusir tekanan stres karena mampu melepaskan hormon oksitosin dalam tubuh.

Pollen

Beberapa kalangan sudah mulai mengenal produk lebih yang satu ini. berbeda dengan madu, pollen merupakan serbuk sari bunga yang menempel pada kaki lebah pekerja.

Biasanya pollen digunakan sebagai sumber nutrisi. Di dalamnya terdapat kandungan protein hingga 20%. Pollen sendiri berfungsi sebagai anti bakteri dan bisa mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Royal Jelly

Sejak awal peradaban manusia royal jelly, sudah dipakai dan cari karena harganya yang cukup mahal.  Cairan bertekstur jeli ini berasal dari olahan para pekerja madu untuk makanan khusus larva calon ratu lebah dan calon pekerja muda. Sama-sama berasal dari serbuk bunga tetapi cara pengolahannya saja yang berbeda. Biasa digunakan sebagai sumber protein lengkap karena terdapat kandungan asam amino di dalamnya. Kalangan medis memanfaatkan royal jelly untuk berbagai keperluan. Royal jelly juga dilengkapi dengan mineral. Fungsinya sebagai antibiotik alami bagi tubuh dan sebagai asupan antioksidan untuk kesehatan kulit.

Propolis

 Sedikit berbeda dengan jenis madu lain, propolis berasal dari campuran getah pohon dan liur para pekerja lebah. Cairan ini berfungsi untuk melindungi sarang lebah dari bakteri, virus serta jamur. Mengandung mineral dan tinggi antioksidan, propolis berguna sebagai pemicu aktifnya kelenjar thymus sebagai sistem imun tubuh. Propolis juga bisa mencegah tumor dan kanker karena mampu menangkal jaringan radikal bebas. MEEBERIAN GANTI GAYA! Buruan update meeberian dan nikmati tampilan baru Meeberian yang lebih fresh dan responsive. Paskalis Andrew

Article Lainnya


5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

Sejak lama, jeruk purut dimanfaatkan tak hanya buah tapi juga daunnya. Yang paling sering pe...

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

JELAJAH